Switch Rem Depan Ngadat, Cuma Ditarik, Balik Normal Seketika
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
21
Okt
2016

Switch Rem Depan Ngadat, Cuma Ditarik, Balik Normal Seketika

  10019   0

JAKARTA, ME. Lampu rem fungsinya sebagai tanda buat pengendara lain saat kita akan mengurangi kecepatan. Nah, gimana jadinya kalo lampu rem menyala terus, padahal kita gak menarik tuas rem depan atau belakang? Pasti kendaraan yang di belakang akan bingung dan kesilauan akibat cahaya rem tersebut, bradsis..

Kejadian ini juga dialami Agus, pemilik Yamaha Soul GT keluaran 2012. "Padahal bagian rem skutik tersebut gak pernah diutak-atik. Ketahuannya pas mau berangkat kerja, kok lampu rem nyala terus. Coba mainkan tuas rem depan belakang gak berubah, terus tiap tuas rem didorong ke depan dan ternyata penyakitnya ada di switch rem depan," jelasnya.

Untuk itu, pria ramah ini mau berbagi tips dan trik biar lampu remnya kembali normal. Bahkan, kalo kelamaan didiamkan bisa bikin aki tekor, bradsis. Makanya, dibetulkan dan cara bongkar pasangnya masih gampang kok.

"Trouble ini memang sering terjadi di skutik, karena tonjolan switch rem menekan terus tuas rem depan dan peranti yang ada di dalam switch lama-kelamaan melemah. Bisa juga aki jadi tekor, karena lampu menyala on terus," papar pria ramah ini.

Biar gampang dibetulkan, yakni dengan melepas bagian tameng bodi dan batok setang pake kunci yang sesuai. Dilanjutkan dengan menekan penahan switch rem yang berada di bawahnya. Jangan lupa juga buat melepas soketnya, bradsis.

Di dalam switch tersebut terdiri dari beberapa komponen pendukung, ada tonjolan yang berbahan kuningan, switcher atau pemindah arus, dan per yang berfungsi sebagai pendorong tonjolan ke tuas rem depan.

"Nah, per itu yang sudah melemah. Trik sementara dengan menarik per tersebut dan jangan terlalu panjang nariknya. Selain itu, lihat juga tonjolannya sudah mulai aus atau pendek? Kalo pendek lebih baik diganti yang baru, karena itu gak akan bertahan lama," saran pria yang bermukim di Depok, Jawa Barat, tersebut.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  137 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !