Yang Ngikutin Malah Lebih Unggul?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
SCOOTER EXPERTZ
23
Okt
2016

Yang Ngikutin Malah Lebih Unggul?

  14656   0
Yang Ngikutin Malah Lebih Unggul?
Yang Ngikutin Malah Lebih Unggul?

JAKARTA, ME. Persaingan penjualan di segmen skutik masih panas nih, bradsis. Segmen ini emang yang paling banyak konsumennya, makanya gak heran pabrikan motor masih terus ngeluarin produk-produk barunya. Belum lama ini, Honda ngeluarin BeAT Street eSP, skutik bergaya trail. Tahun 2013 lalu, Yamaha udah duluan ngeluarin skutik dengan gaya yang sama, yakni X-Ride..
 
Ciri keduanya sama, yakni sama-sama menggunakan stang naked yang lebar ala motocross, bradsis. Sejak 2013, cuma Yamaha doang yang bermain di segmen ini. Peminatnya juga cukup banyak, karena melihat tampilan skutiknya yang bergaya trail, gak sedikit yang ngajak skutik ini main di tanah juga. Tentunya setelah dimodifikasi bagian kaki-kakinya.
 
X-Ride juga terbilang tangguh untuk harian. Mesinnya sama seperti Mio series, mengandalkan mesin berkapasitas 113,7cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 7,75 PS (5,7kW) pada 8500 rpm dan torsi maksimum hingga 8,5 Nm(0,87 kgf) pada 5000 rpm.
 
Tapi dari segi mesin, Honda lebih unggul dengan BeAT Street eSP mereka. Tenaga dan torsinya lebih besar, padahal cc-nya lebih kecil. Mesinnya juga sama seperti seperti BeAT series terbaru mereka, bradsis. Mesin berkapasitas 108,2cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 6,38 kW (8,68 PS) pada 7500 rpm dan torsi maksimum hingga 9,01 Nm (0,92 kgf) pada 6500 rpm. Tangki bensin X-Ride juga lebih besar, yakni 4,8 liter. Sementara BeAT Street eSP hanya 4 liter.
 
Dari fitur-fiturnya, BeAT Street eSP juga lebih unggul dari X-Ride. Speedometer BeAT Street eSP udah full digital, dibanding X-Ride yang masih analog. Pada speedometer BeAT Street eSP juga udah dibekali dengan ECO Indicator.
 
Untuk pengeremannya, BeAT Street eSP udah dibekali Combi Brake System (CBS). Satu yang membedakan lagi di bagian kaki-kaki, yakni pada bannya. Ukuran ban depan dan belakang antara kedua skutik ini memang berbeda. X-Ride menggunakan ukuran 70/90-14 untuk depan dan 100/70-14 untuk belakang. Sementara BeAT Street eSP berukuran 80/90-14 untuk depan dan 90/90-14 untuk belakang. Tapi BeAT Street eSP bannya udah tubeless.
 
Fitur yang gak kalah penting, yakni utility box alias bagasi. BeAT Street eSP dibekali bagasi yang paling luas, kapasitasnya mencapai 11 liter. Sementara X-Ride, hanya bisa menampung 8 liter, bradsis.
 
Kalo bicara desain bodi, mungkin balik lagi ke selera loe masing-masing. Tapi bicara harga, tentu jadi salah satu faktor penting juga saat membeli motor. Honda BeAT Street eSP dibandrol Rp 15,4 juta (OTR Jakarta), sedangkan Yamaha X-Ride harganya Rp 15,2 juta (OTR Jakarta)..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Dok. ME
  381 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !