IRS 2016 Seri 5: Kelas Sport 250 Wajib One Make Tire, Pembalap Masih Kesulitan Adaptasi
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ROAD-RACE
05
Nov
2016

IRS 2016 Seri 5: Kelas Sport 250 Wajib One Make Tire, Pembalap Masih Kesulitan Adaptasi

  3191   0
One Make Tire di kelas sport 250
One Make Tire di kelas sport 250
Stevie Yanto Gunardi
Stevie Yanto Gunardi

SENTUL, ME. Seri pamungkas Indospeed Race Series (IRS) 2016 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, pekan ini (5-6/11), memiliki regulasi baru di kelas Kejurnas Sport 250. Di kelas ini, mulai berlaku regulasi One Make Tire, bradsis..

Kebijakan penggunaan ban wajib di kelas Sport 250 ini tentunya juga menjadi pro dan kontra bagi tim-tim balap yang ikut di kelas ini. Tapi menurut Stevie Yanto Gunardi, selaku Event Manager IRS, kebijakan ini merupakan langkah awal untuk beradaptasi dengan regulasi di Asia, bradsis.

“Kebijakan One Make Tire ini kita ingin samakan dengan spesifikasi FIM Asia di kelas Asia Production (AP250) yang juga Dunlop sebagai sponsor kita di IRS. Selain mencari prestasi, ban ini juga lebih terjangkau dibanding kompetitor lain,” ujar Stevie.

“Selain itu, kenapa dilakukan di seri terakhir IRS 2016 ini, karena merupakan sosialisasi, dan di tahun depan semua tim tentunya sudah beradaptasi dengan sistem One Make Tire ini,” tambahnya.

Memang secara kualitas, ban Dunlop yang sebagai ban wajib di IRS kelas Sport 250 ini gak kalah dengan merek lain, bradsis. Harganya pun lebih murah, sekitar Rp 2,5 juta satu set-nya, tapi beberapa pembalap mengaku masih kesulitan beradaptasi dengan ban ini.

“Ya, mau gimana lagi, ini sudah keputusan panitia, sebelumnya saya menggunakan ban Pirelli, dan saat pakai ban Dunlop ini saya harus beradaptasi lagi, terutama saat buka gas setelah keluar dari tikungan, ban ini masih kurang gigit, dan bikin catatan waktu saya jadi lambat 1 detik,” ungkap Syahrul Amin dari tim Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing yang saat ini bertengger di posisi puncak klasemen juara kelas Sport 250.

Text: Ichsan (ixzan.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ichsan
  109 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !