Jangan Lupakan Safety, Lakukan Hal ini Sebelum Touring Menuju HBD 2016
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
18
Nov
2016

Jangan Lupakan Safety, Lakukan Hal ini Sebelum Touring Menuju HBD 2016

  2795   0
Touring perjalanan jauh
Touring perjalanan jauh

JAKARTA, ME. Ajang silaturahmi pengguna motor Honda, yakni Honda Bikers Day (HBD), sudah semakin mendekati waktu penyelenggaraannya, bradsis. Kali ini, HBD 2016 bakal berlangsung di Pantai Boom – Banyuwangi, Jawa Timur (19/11). Sebelum berangkat touring menuju lokasi acara, jangan lupakan sama keamanan dan kenyamanan motor loe..

Jarak perjalanan dari Jakarta menuju Banyuwangi kurang lebih 1.050 km, bradsis. Pastinya brad n sist sudah harus mempersiapkan dengan matang untuk melakukan touring jauh guna mendapatkan perjalanan yang safety dan nyaman.

Guna meminimalisir resiko perjalanan menuju HBD 2016, Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal berbagi tips perjalanan sebagai berikut:

- Siapkan kondisi fisik dan mental, kondisi fisik yang prima menjadi salah satu faktor determinan dalam menunjang perjalanan hingga sampai tujuan. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya brad n sist melakukan peregangan otot agar respon dan kemampuan reflek tubuh juga gak kaku.

- Kumpulkan info tujuan, rute, dan pemberhentian. Sebelum berangkat ada baiknya sudah menetapkan tujuan, dan titik pemberhentian guna persiapan perbekalan dan fisik.

- Sepeda motor harus dalam kondisi prima, siapkan sebaik mungkin kondisi mesin, kaki kaki, roda, kelistrikan. Jangan lupa juga untuk membawa part cadangan jika motor loe sudah dimodifikasi. Iqbal juga menambahkan, bila motor kesayangan sudah mendapatkan sentuhan modifikasi pastikan bahwa modifikasi tidak terlalu ekstrim dan tidak mempengaruhi handling sepeda motor.

- Siapkan perlengkapan berkendara, Seorang Bikers yang cerdas tidak akan pernah melupakan aspek perlengkapan keamanan berkendara, karena nyawa bisa saja menjadi taruhannya. Beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat touring menuju Honda Bikers Day 2016 antara lain adalah helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Disarankan pada cuaca yang tidak menentu seperti belakangan ini untuk membawa jas hujan dan juga obat-obatan pribadi atau kotak P3K.

- Atur rombongan touring, touring kelompok lebih disarankan, tetapi jika jumlah lebih dari 15 motor ada baiknya di bagi menjadi kelompok kecil. “Semakin besar jumlah peserta dalam satu kelompok maka semakin besar pula pengaruh faktor emosionalnya. Oleh sebab itu ada baiknya turing dilaksanakan dengan rombongan sebesar 10-15 sepeda motor. Selain itu dalam setiap kelompok perlu ditunjuk satu orang Road Captain untuk mengatur ritme berkendara serta satu orang Sweeper yang bertugas untuk memastikan tidak ada anggota rombongan yang bermasalah atau tertinggal,” terang Iqbal.

- Komunikasi rombongan touring, setiap peserta touring diperlukan komunikasi internal, khususnya antar road captain dan sweeper yang menggunakan intercom. Minimal rombongan memiliki nomor handphone dari masing-masing peserta di rombongan tersebut.

- Dokumentasi, yang satu ini pastinya nggak boleh ditinggalkan. Pasalnya, loe bakal menemukan tempat-tempat baru dan bisa menjadi cerita perjalanan loe, bradsis.

“Sangat disayangkan banyak bikers yang menyepelekan hal-hal di atas sebelum touring. Sebuah perjalanan touring, salah satunya ke Honda Bikers Day adalah sebuah perjalanan pulang-pergi. Honda selalu berharap seluruh pesertanya dapat kembali dengan selamat setelah mengikuti perhelatan akbar ini dan punya cerita indah yang layak untuk dituturkan di kemudian hari. Selamat menikmati perjalanan,” pungkas Iqbal.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  30 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !