Modal Rp 340 Ribu Doang, Mampetin Kompresi
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
PERAWATAN
21
Nov
2016

Modal Rp 340 Ribu Doang, Mampetin Kompresi

  5684   0

TANGERANG, ME. Sudahkah brad n sist cek maupun ganti klep tunggangan kesayangan? Kalo belum, sebaiknya segera dilakukan pengecekan deh. Biar enggak terjadi masalah seperti yang dialami Iwan, pembesut Yamaha Mio lansiran 2005 ini..

Dalam kasus yang dialaminya ini, Iwan kesusahan ngehidupin mesin, terutama di pagi hari atau saat kondisi mesin dingin. “Intinya, saat mesin dingin atau lama enggak hidup, distarter susah banget. Pakai starter otomatis enggak mau nyala, diengkol pakai kick starter juga sama saja, sampai kaki gempor. Analisa saya, kayaknya kompresinya bocor, karena saat diengkol terasa ringan banget,” papar warga Ulujami, Jakarta Selatan.

Setelah digelandang ke bengkel langganannya di Matic Shop (MS), penyakit langsung terdeteksi. Memang benar, kompresinya bocor akibat klep sudah aus dan solusinya mesti ganti klep baru agar kompresi tetap padet. “Peranti yang mengatur asupan bahan bakar dan pembuangan di dalam ruang bakar ini, enggak boleh bocor. Pasalnya kalo sampai bocor, dipastikan mesin susah hidup. Nah kalo sudah nyala, biasanya pembakaran di ruang bakar enggak optimal yang berujung performa jadi menurun,” ucap Sutoyo, mekanik MS.

Mekanik yang akrab disapa Toyo ini bilang kalo umur pakai klep cukup lama, hingga lebih dari 10 tahun. Tapi kalau motor jarang servis besar, klep lebih cepat aus dan minta ganti baru. Ujungnya kasus kompresi bocor dan mesin susah starter, bakal terjadi. “Indikasi lain selain yang disebut di atas adalah langsam ngaco atau enggak stabil,” beber Toyo.

Masih bilang pebengkel di Jl. Ciledug Raya No.11B, Ciledug, Tangerang. Mesin jarang servis besar biasanya banyak kerak di dalam ruang bakar. Enggak mustahil kerak tersebut mengganjal bibir klep atau komponen lain, yang bikin kompresi bocor atau kurang padet. Nah yang paling terasa, performa tunggangan makin loyo. “Hal ini terjadi pada semua tunggangan, baik bebek, matik maupun sport,” yakinnya.

Nah, biar penyakit bisa teratasi, brader n sista mesti tebus klep baru bila klep sudah aus. Tapi kalo klep masih bagus, sebaiknya skir ulang. “Intinya mesti servis besar, yang pengerjaannya meliputi bongkar blok dan head, skir klep dan ganti sil klep baru,” tutup Toyo.

Nah, peranti apa saja yang perlu ditebus dan butuh biaya berapa untuk atasi penyakit seperti ini, silahkan lihat daftar belanja di bawah ini..

Daftar belanja:

Klep standar Mio                 : Rp 105 ribu/set

Sil klep                                   : Rp 40 ribu/set

Paking blok atas bawah      : Rp 20 ribu

Servis besar+skir klep        : Rp 175 ribu

Total biaya                            : Rp 340 ribu

Bengkel: Matic Shop021-7356555 &  081281909192

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: banar
  25 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !