Mengenal Sandblasting: Membersihkan, Mengelupas, Sampai Membuat Profil
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
23
Nov
2016

Mengenal Sandblasting: Membersihkan, Mengelupas, Sampai Membuat Profil

  11685   0

JAKARTA, ME. Pernah mendengar sebutan sandblasting, bradsis? Mungkin sebagian sudah tahu apa itu sandblasting. Buat yang belum tahu, bisa menyimak ulasan berikut, agar mengenal lebih dekat fungsi dan keunggulan dari perlakuan atau treatment tersebut..

Untuk itu, Setyo Widayanto, pemilik sekaligus spesialis sandblasting ini, ingin memberikan sedikit edukasi kepada pembaca setia MotorExpertz.com, baik itu arti sandblasting, fungsinya, keunggulannya, proses pengerjaannya dan hasil akhir. Apa sih sandblasting itu? Yuk, disimak..

“Itu merupakan surface treatment, pembersihan permukaan logam dengan disemprot pasir bertekanan angin tinggi. Misal, ada logam yang terkontaminasi karat, jamur, garam, atau oli bisa dihilangkan dengan sandblasting,” jelasnya Setyo, yang akrab disapa Boyo.

Biasanya, kalo mau merontokkan cat itu pake paint remover, pastinya memakan waktu lama dan tentunya pegel, bradsis. Daripada jongkok melulu, mending pake cara sandblasting ini, karena pengerjaan tersebut bisa menghilangkan permukaan logam dan menjangkau ke semua bagian yang paling sulit, seperti kisi-kisi atau sirip blok mesin. Capek gak tuh, bradsis?

“Setelah komponen tersebut di-sandblasting bisa langsung disemprot cat atau semacam airbrush dan gak perlu lagi diamplas-amplas. Karena tujuannya untuk membuat profile (kekasaran) pada permukaan metal, agar dapat tercapai tingkat perekatan yang baik antara permukaan metal dengan bahan pelindung,” sambung Boyo.

Namun, perlu diketahui bahwa berhasil atau gagalnya suatu pengecatan sangat tergantung pada tingkat kebersihan dan tingkat perekatan antara cat dan permukaan, serta tingkat kepadatan dan perataan dari cat itu sendiri, bradsis.

Nah, sandblasting itu terbagi atas 2 jenis. Pertama, Dry Sandblasting. Biasa diaplikasikan ke benda-benda berbahan metal/besi yang tidak beresiko terbakar. Seperti tiang-tiang pancang, bodi dan rangka mobil, bodi kapal laut, dan lain-lain.

Kedua, Wet Sandblasting. Ini diaplikasikan ke benda-benda berbahan metal atau besi yang beresiko terbakar atau terletak di daerah yang mudah terjadi kebakaran. Seperti tangki bahan bakar, kilang minyak (offshore), ataupun pom bensin, dimana pasir silica yang digunakan itu dicampur dengan bahan kimia khusus anti karat, berguna untuk meminimalisir percikan api saat proses sandblasting dilakukan.

“Keuntungan dari Sandblasting, membersihkan permukaan material (besi) dari kontaminasi seperti karat, tanah, minyak, cat, garam dan lainnya. Mengupas cat lama yang sudah rusak atau pudar. Lalu, membuat profile (kekasaran) pada permukaan metal sehingga cat lebih melekat. Dan sekarang banyak diterapkan ke motor, agar hasil cat bisa maksimal,” tutup Boyo.

Bengkel : Iron Work, Jl. Swatantra IV Jati Asih, Bekasi, Jabar. Telp : 0812-83222621.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  291 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !