Pangkas Gap, Mesin Udah Oke, KTM Fokus di Grip Belakang
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
25
Nov
2016

Pangkas Gap, Mesin Udah Oke, KTM Fokus di Grip Belakang

  2067   0
Pangkas Gap, Mesin Udah Oke, KTM Fokus di Grip Belakang
Pangkas Gap, Mesin Udah Oke, KTM Fokus di Grip Belakang

VALENCIA, ME. Setelah lewatin rangkaian sesi tes, KTM akhirnya nurunin RC16 mereka saat jadi wild-card di seri terakhir MotoGP 2016 di Valencia, Spanyol. Sayangnya, karena masalah teknis, mereka gagal finish, bradsis. Mesin diklaim udah mantap, tinggal gimana ningkatin grip belakang aja..
 
Pasalnya, grip belakang ini yang bikin gap dengan pembalap lain makin jauh. Grip belakang penting di saat tikungan, bradsis. Apalagi, Mika Kallio selaku test rider KTM juga bilang masalah lain pada RC16 adalah saat di tengah-tengah tikungan.
 
"Di beberapa lap awal saat balapan, saya bisa lihat bahwa mesin adalah titik kekuatan kami dan saya sangat senang dengan bagaimana motor ini keluar tikungan. Bahkan, tanpa winglet sekalipun," ungkap Kallio.
 
"Mungkin titik kelemahan kami adalah saat di tengah-tengah tikungan dan saat membuka gas, karena entah bagaimana kami kehilangan grip belakang. Di situlah kami lebih banyak kehilangan waktu," lanjutnya.
 
Crew chief, Paul Trevathan, juga senada dengan komentar Kallio, bradsis. Menurutnya, masalah grip ban belakang aja yang mesti ditingkatin. Untuk bisa ningkatin bagian tersebut, sasis dan swingarm jadi beberapa part yang mesti diganti.
 
"Part-part seperti itulah. Bagaimana memakai ban dalam berbagai cara dan mencoba memahaminya. Ini adalah sesuatu yang sebelumnya kami tidak sadar ini adalah masalah. Saat sesi tes kami baik-baik saja," ujar Paul.
 
"Performa mesin adalah titik kekuatan kami saat ini, mungkin menjadi tulang punggung dari proyek ini. Kami bisa melakukan tes dengan banyak lap, kami tidak mengalami banyak masalah, dan itu yang membuat kami tetap ada di trek dan bisa sedekat seperti sekarang ini," tambahnya.
 
Sekarang, tinggal mengandalkan komentar dan arahan dari kedua pembalap mereka, yakni Bradley Smith dan Pol Espargaro, bradsis..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  42 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !