Ban Benjol Bukan Berarti Karena Jalan Rusak
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
30
Nov
2016

Ban Benjol Bukan Berarti Karena Jalan Rusak

  6754   0
Ban motor yang benjol
Ban motor yang benjol

JAKARTA, ME. Brad n sist pastinya kesal di saat sedang banyak kebutuhan, ban motor malah harus ganti gara-gara benjol. Namun, perlu diketahui bahwa benjolan ini bukan hukum alam dari ban alias karena jalan rusak, melainkan kesalahan dari pemilik motor..

Ada solusinya untuk mengatasi ban benjol, tapi sifatnya hanya sementara, bradsis. Penyelesaiannya cukup mudah, hanya dengan menusuk benjolan dengan jarum, tetapi cara ini tidak membuat ban kembali seperti semula.

M. Sulkan Arif, selaku Technical Support Area National PT Multistrada Arah Sarana Tbk, mengatakan bahwa penyebab ban benjol di antaranya kurangnya tekanan angin hingga dapat menyebabkan habisnya kembang ban yang tidak merata dan ini juga menjadi penyebab benjolan.

Kedua, benturan dengan lubang. Di saat kondisi ban tidak siap atau kekurangan angin, lapisan ban akan mengelupas dari lapisan lainnya. Selain kurangnya tekanan angin, sokbreker yang mati juga bisa jadi salah satu penyebabnya, bradsis.

Lalu yang terakhir, pemakaian ban yang tidak sesuai rute, seperti ban yang seharusnya digunakan di jalan aspal malah loe gunain di jalan bebatuan atau tanah.

Kurangnya tekanan angin menjadi inti dari penyebab benjolan pada ban motor. Agar lebih aman, loe bisa melihat tekanan angin sesuai anjuran tiap pabrikan ban pada bagian dinding ban. Normalnya, ukuran standar tekanan angin ada di 32 psi untuk ukuran depan dan 34 psi untuk ukuran belakang. Namun jika menurut loe ban terlalu keras dan ban jadi sedikit licin, bisa diturunkan menjadi 29 psi untuk depan dan 31 psi untuk belakang.

Tergantung juga dari bobot yang dibawa motor loe. Arif menyarankan di saat beban pada motor berlebihan, ada baiknya tekanan angin ditambah di kedua bagian, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  58 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !