Ini Alasannya Kenapa Rossi Suka Nongkrong di Pit Wall
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
MOTOGP
04
Jan
2017

Ini Alasannya Kenapa Rossi Suka Nongkrong di Pit Wall

  2659   0
Ini Alasannya Kenapa Rossi Suka Nongkrong di Pit Wall
Ini Alasannya Kenapa Rossi Suka Nongkrong di Pit Wall

JAKARTA, ME. Valentino Rossi dikenal bukan hanya sebagai pembalap legendaris dan juga juara dunia. Namun, pembalap asal Italia ini juga dikenal punya beragam ritual sebelum balapan. Salah satunya adalah nongkrong di pit wall jelang start Moto3..
 
Bukan hanya karena anak didiknya dari VR46 Academy juga turun di kelas ini, bradsis. Rossi memantau semua pergerakan yang ada mulai dari datangnya marshal hingga lampu start padam. Semua ini dilakukannya udah sejak lama.
 
"Saya selalu melihat start Moto3. Di sana juga sekarang ada para pembalap saya. Tapi ini bukan alasan utamanya. Ketika Anda berdiri di pit wall, Anda akan membayangkan saat berada di starting position beberapa jam kemudian dan apa yang akan Anda lalui beberapa jam kemudian," ungkap Rossi.
 
"Sebagai tambahan, Anda bisa memperhatikan marshal dan orang yang bertanggung jawab pada lampu start. Butuh waktu sekitar 2 sampai 5 detik hingga lampu start berubah warna. Jadi, Anda mendapat feeling darinya. Lalu Anda melihat orang yang membawa bendera merah di starting position dan mempelajari berapa lama waktu yang dia butuhkan untuk keluar dari trek," sambungnya.
 
Menurut Rossi, mulai dari marshal yang membawa bendera merah tersebut datang hingga lampu start padam, ada beberapa hal yang krusial, yakni menarik tuas kopling dan memasukkan gigi. "Anda tidak boleh memasukkan gigi terlalu awal, jadi detik-detik ini sangatlah krusial," pungkas Rossi.
 
Meski begitu, start yang dilakukan Rossi jarang sekali bisa mulus, bradsis. Masih kalah dengan start yang dilakukan Jorge Lorenzo yang bisa langsung melesat memimpin barisan..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  13 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !