Test Ride SYM MaxSYM 400i: Jajalin Jet Ski ke Puncak, Serasa Duduk di Sofa
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TEST
07
Jan
2017

Test Ride SYM MaxSYM 400i: Jajalin Jet Ski ke Puncak, Serasa Duduk di Sofa

  11867   0

JAKARTA, ME. Skutik gambot ini memang sudah lama terbit di pasaran, namun belum semua orang tahu keberadaan motor yang berasal dari Taiwan ini. Nah, guna memenuhi dan menghilangkan rasa penasaran dari pembaca, maka tim ME ngejajalin motor keluaran PT Sanyang Industri Indonesia (SII), yakni SYM MaxSYM 400i..

Sayangnya, big skutik ini kondisinya gak gres dari PT SII alias ada pemilik MaxSYM 400i yang baru menempuh jarak sekitar 2100 km. Kebetulan yang punya motor menawarkan big skutik tersebut buat ditest ride oleh tim ME, baik itu handling, akselerasi, konsumsi bahan bakar, dan fitur-fitur big skutik tersebut.

Sebelum menaikinya, tim ME mengelilingi desain skutik 400 cc yang gede dan panjang banget ini. Ckckck.... “Panjang bener ini motor, bradsis!” gumam tester. Gimana enggak, spesifikasi panjang totalnya 2700 mm, lebar 805 mm, trus tinggi keseluruhan 1400 mm. Edun euy, kayak Jet Ski!

Coba duduk ah. Wah, ternyata nyaman banget loh, desain jok yang super lebar ini gak bikin cepat pegal atau panas bokong. Begitu juga buat boncenger, makin erat dan ogah turun nih yang bonceng. Posisi riding saat pegang setang kemudi juga gak terlalu tinggi buat orang Indonesia yang tinggi rata-rata 170-an cm. Pas, kan! Nyok, kita lihat nyang laen, bradsis..

FITUR

Kelebihan yang dimiliki skutik premium ini cukup banyak. Dari panel instrumen MaxSYM 400i ini terdapat dua model analag, jarum penunjuk kecepatan, rpm, radiator, dan bensin. Sedang yang digital menunjukkan mode jarak tempuh (odometer), trip meter, dan petunjuk waktu alias jam. Jadi, gak perlu lihat jam tangan, kan..

Lalu, tempat penyimpanan barang ada dibawah setang, baik dikiri dan kanan. Gede juga, loh! Lalu, ada boks yang cukup luas dibawahnya. Tapi, bukan hanya itu, melainkan ada port USB buat charge handphone, sista. Jadi gak perlu bingung kan kalo lagi turing jauh trus handphone lowbat, tinggal colok aja. Tenang!

Membuka jok super lebar ini, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama cukup dengan menekan tombol yang ada disebelah atau dibawah saklar kiri dengan kondisi kunci kontak On. Bisa juga dengan memutar ke kiri anak kunci kontak , ini saat posisi motor Off. Wah, keren nih! Di bagasi tersebut cukup luas dan bisa dimasukkan dua helm full face dan half face.

Nah, karena bobot motor MaxSYM mencapai 224 kg, maka semua sistem pengereman diadopsikan Anti-lock Braking System alias ABS. Bukan asal brenti sukur. Untuk itu rem depan sudah double disk brake, dan belakang single brake. Mantab kan!

Yang dibawah dek ini apa ya, brader? “Oh, ini handbrake alias rem tangan. Jadi, kalo lagi berhenti ditanjakan atau lagi parkir, tinggal tarik ke belakang aja tuas ini. kayak mobil, brader,” kata Budi, pemilik MaxSYM 400i. Saik, nih!

HANDLING

Akhirnya dikasih kunci juga, bradsis. Buat merasakan kenyamanan riding skutik seharga Rp 110 juta (OTR) ini gak bisa dilakukan sebentar. Maka, tim ME mencoba pinjam selama satu hari penuh dengan menjajalnya naik ke atas alias seputaran Puncak, Bogor, Jabar (PP).  Mau ikut?
Saat memasukkan anak kunci ke rumah konci kontak, dengan posisi On dan elektrik stater ditekan terdengar suara layaknya ciri khas moge (motor gede). Setelah mesin menyala, siap untuk short single turing ke kota Hujan, bradsis. Yuk, cus!

Dengan suspensi sok depan model teleskopik diameter 41 mm dan double sok belakang yang bisa di setel sebanyak 5 kali ini, cukup anteng ketika diajak jalanan yang berkelok di jalur Puncak, Bogor. Namun, memang butuh ekstra agar big skutik tersebut bisa bermanuver. “Kudu ditarik buat rebah, kalo gak motor lempeng aja, brader,” cerita rider ME.

Dikarenakan tapak skutik premium tersebut tergolong lebar. Profil ban depan 120/70-15, sedang belakangnya 160/80-14. Dan ketika menemui jalan rusak, sok depan cukup lembut redamannya. Namun, di sok belakang agak keras, membuat bantingan dari engine mounting cukup terasa hingga ke jok.

PERFORMA

Saat jalanan kosong dan lurus, rider mencoba menggebernya. Meski 400 cc akselerasi bawahnya gak segalak moge aslinya alias smooth. Eh, gak terasa kecepatan tau-tau sudah mencapai 120 km/jam aja. Cepat juga akselerasinya, ya..

Selain itu, big skutik premium ini menggunakan berpendingin air alias radiator. Sehingga untuk memantau temperatur mesin E.F.I (elektric fuel injection) ini bisa dilihat pada panel instrumen speedometer.

Kapasitas murni mesin MaxSYM ini adalah 399 cc dengan tipe mesin 4 stroke, 4 valves. Ternyata teknologinya blok mesin dari Taiwan ini sudah mengaplikasikan Electroplated Ceramic Cylinders, loh. Canggih, kan!

KONSUMSI BBM

Saat pengetesan berlangsung juga sekaligus menghitung pemakaian bahan bakar alias konsumsi bensin motor tersebut. Dengan rute awal dari rumah daerah Sawangan, lalu Parung, Bogor, dan Puncak. Arah baliknya dari Puncak, melewati Bukit Sentul, Cibinong, Depok, Fatmawati, Pondok Indah, Joglo dan berakhir di kantor daerah Ciledug Raya, Tangerang.

Menuju Puncak, Bogor dilakukan pada jam kerja. Yakni, start pukul 12 siang dan sampai di kantor ME kurang lebih jam 7 malam. Dari rute tersebut konsumsi bensin menghabiskan dalam satu liter mampu menempuh jarak  54 km. Wew, lumayan irit juga ya, bradsis!

Oiya, cara ridingnya gak mematok kecepatannya loh, tapi mengikuti irama perjalanan. Kalo macet, ya pelan-pelan dan kalo lagi sepi geber lagi. Jadi, ibarat seperti biasanya orang naik motor atau pada umumnya aja.

Speksifikasi SYM MaxSym 400i
Type Engine : 4-stroke, 4 valves
Displacement : 399 cc
Cooling System : Liquid
Fuel System : E.F.I
Transmission : C.V.T.
Emission : Euro3
Front Suspension : Telescopic Fork
Rear Suspension : Dual Shock
Disk Brake : disc φ 275 mm x 2 (front) & disc φ 275 mm (rear)
Tire : 120/70–15 (front) & 160/60–14 (rear)
Head Light (Low/High) : 55W / 55W
L x W x H (mm) : 2700 x 825 x 1400
Wheelbase (mm) : 1570 
Dry Weight (kg) : 224
Fuel Capacity (liter) : 14.7

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  207 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !