Pertengahan Tahun, SIM C Berubah Jadi 3 Golongan
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-UPDATE
10
Jan
2017

Pertengahan Tahun, SIM C Berubah Jadi 3 Golongan

  1986   0
Safety riding motor besar
Safety riding motor besar

JAKARTA, ME. Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor kembali diwacanakan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, bradsis. Tahun lalu, wacana ini juga sempat tersiar, namun mengalami beberapa kendala. Sepertinya, pengkategorian SIM C bakal terwujud nih di pertengahan tahun 2017 ini..

Korlantas Polri akan memecah menjadi 3 golongan, yaitu SIM C untuk motor standar di bawah 250cc, SIM C I untuk motor berkapasitas 250-500cc, dan SIM C II untuk motor dengan kapasitas di atas 500cc.

Kakorlantas Polri, Brigjen Royke Lumowa, mengatakan pembagian ini dilihat dari segi kemampuan berkendara. “Kita biasa bawa motor kecil, pergi ke pasar, ke sekolah, apakah pengendara sepeda motor kecil dia mampu atau mahir, terampil membawa motor besar? Kan tidak, kalau dibalik, yang biasa bawa motor besar dan berat dia pasti bisa bawa yang kecil,” ujarnya.

Brigjen Royke Lumowa juga mengatakan pembagian SIM rencananya akan dilakukan di pertengahan tahun 2017. "Kalau sekarang mungkin belum ya, kan sarana prasarananya kita masih menuju ke sana. Jadi, kita pikir perangkat regulasinya sudah kita siapkan ya,” ucapnya.

“Karena kan itu butuh lahan praktek yang spesifik, untuk sekarang ini kita bertahaplah. Ya, kita targetnya pertengahan tahunlah," sambungnya. Pastinya banyak pro kontra dari kebijakan ini nih, bradsis. Kebijakan ini dikeluarkan semata-mata untuk keselamatan berkendara bersama juga..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  9 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (48)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !