Ini Jawabannya Kenapa Ducati Lebih Unggul Dengan ECU Magneti Marelli
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
11
Jan
2017

Ini Jawabannya Kenapa Ducati Lebih Unggul Dengan ECU Magneti Marelli

  7609   0
Ini Jawabannya Kenapa Ducati Lebih Unggul Dengan ECU Magneti Marelli
Ini Jawabannya Kenapa Ducati Lebih Unggul Dengan ECU Magneti Marelli

JAKARTA, ME. Mengacu pada musim 2016, ternyata strategi Dorna untuk bikin balapan jadi lebih seru cukup berhasil. Buktinya, ada 9 rider berbeda yang naik podium utama dan dari 4 pabrikan berbeda. Bahkan, tim satelit pun bisa naik podium utama. Semua berkat regulasi ECU seragam buatan Magneti Marelli..
 
Software pada ECU tersebut emang dikembangin oleh Magneti Marelli, tapi masing-masing teknisi dari Honda, Yamaha, dan Ducati, juga ada campur tangannya. Gigi Dall'Igna selaku General Manager Ducati Corse mengungkapkan timnya gak kesulitan dengan regulasi ini. Berbeda dengan Honda dan Yamaha yang adaptasinya cukup lama.
 
"Di musim 2016, kami tidak punya masalah besar dengan ECU ini. Tapi untuk Honda, mereka kesulitan mendapatkan performa maksimal dari mesin dengan ECU ini. Sistem ini sudah bekerja lebih baik di beberapa motor dibanding lainnya. Saya tidak tahu apakah lebih mudah untuk para teknisi dari pabrikan lain untuk menangani ECU ini. Tapi kami sudah meningkat, kami senang dengan solusinya," ungkap Gigi.
 
Ducati udah bekerja sama dengan Magneti Marelli sejak tahun 2003 untuk membuat sebuah ECU. ECU Magneti Marelli ini dikembangin dengan mengambil basis dari motor MotoGP di kategori Open Class, bradsis. Di kategori Open Class, Ducati memimpin melalui tim Avintia dengan pembalap mereka Hector Barbera di tahun 2015.
 
"Ducati sudah bekerja dengan ECU ini setahun sebelum kompetitor lainnya, karena kami bekerja sangat dekat dengan tim satelit. Jadi, itulah mengapa kami paham ECU ini sedikit lebih baik dari Honda dan Yamaha," ujar Gigi.
 
Sementara saat kategori Open Class dibuka, semua tim yang memakai motor Honda jauh dari kompetitif, bradsis. Mereka bahkan lebih fokus pada tim pabrikan dan tim satelit. Yamaha pun begitu, tahun lalu lebih fokus pada tim pabrikan, dimana Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo lagi bertarung ketat untuk perebutan gelar juara dunia. Sementara tim satelit mereka, Monster Tech 3, menggunakan ECU yang dikembangkan Yamaha, bukan dari Magneti Marelli.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: crash.net
  63 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !