Upgrade CVT Yamaha NMAX, Mau Tambah Ngacir? Satu Jam Kelar!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
UPGRADE PERFORMA
20
Jan
2017

Upgrade CVT Yamaha NMAX, Mau Tambah Ngacir? Satu Jam Kelar!

  247675   1

JAKARTA, ME. Part performa Yamaha NMAX sudah cukup banyak di pasaran, namun harga masih terbilang tinggi. Daripada kantong kosong dan makin glondangan, mending upgrade bagian penyalur tenaga ke roda belakang alias CVT, bradsis! Jadi, gak pusing mikirin komponen penunjang lainnya..

“Untuk harian cukup bermain di sektor CVT aja, karena kapasitas mesin sudah cukup mumpuni alias 155 cc. Makanya, di sektor ini yang di-upgrade biar makin ngisi dari bawah, tengah sampai atas,” ungkap Oky Adityawan, mekanik Sinthink Garage (SG) di bilangan Jati Padang, Pejaten, Jakarta Selatan.

Diapain sih, brader? Kepo deh! Hehehe.. Dari penuturan sang mekanik gak ribet dan cuma sebentar ternyata, bradsis! Biasanya kalo mau upgrade atau custom part, kita menunggu lama pengerjaannya. Karena peranti tersebut dibawa ke tukang bubut atau digarap sendiri.

Nah, di bengkel Sinthink Garage gak seperti itu, tapi komponen aslinya ditukar dengan part yang sudah di-custom dan orisinal YGP (Yamaha Genuine Part). “Jadi, peranti bawaan motor ditukar dengan part asli juga. Kalo bahasa Jawa-nya barter alias dituker sesuai asli pabrikan. Makanya, pemasangan cuma 1 jam langsung bisa ngacir, brader,” jelas Oky, sapaan akrabnya.

Masih penasaran? Nih, pengerjaannya, bradsis! Kuncinya ada pada puli depan dan rumah roller yang di-custom. Komponen itu yang dibarter dengan mahar Rp 300 ribu. Kemiringan puli depan dan kipas puli dipapas menjadi 13,8 derajat kalo diukur dengan busur. Tujuannya untuk mengejar tarikan bawah makin cepat.

Gak hanya itu, jalur roller di rumahnya juga kena mata pisau korek. Yakni, jalur pemberat itu dikerok sampai bibir atas variatornya. Fungsi tersebut untuk mengejar top speed.

“Biar akselerasi bawah sampai atas makin panjang, maka saat posisi roller diam atau dekat boshing puli juga dikerok atau disamaratakan. Stop n go makin cepat dengan memadukan roller bawaan Yamaha Xeon yang beratnya 9,51 gram atau 10 gram. So, pemasangan peranti tersebut gak memakan waktu lama kan!” tutup pria ramah ini.

Selesai, kan?!

Bengkel: Sinthink Garage (SG), Jl. Jatipadang Utara, No. C11, Pejaten, Pasar Minggu, Jaksel. Telp : 0813-30099233.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  787 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Ngarang bebas
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !