Modal Rp 8.000, Usir Berisik CVT Vario 125
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
PERAWATAN
25
Jan
2017

Modal Rp 8.000, Usir Berisik CVT Vario 125

  61696   0

JAKARTA, ME. Kalo loe salah satu pembesut tunggangan matik, wajib pantengin ulasan ini bradsis. Tentunya biar kejadian yang menimpa Fahmi pada Honda Vario 125 kesayangannya, enggak terjadi pada besutan brad n sist..

Tunggangan lansiran 2012 ini sehari-hari dipakai adiknya Fahmi. Namun, berhubung adiknya enggak gape soal merawat motor, serta jarang servis ringan, baik sektor mesin maupun CVT-nya, alhasil terdengar suara decitan dari dalam CVT.

“Setelah saya perhatikan, sepertinya v-belt yang bermasalah. Soalnya saat grip gas mulai dipelintir, terjadi gejala selip. Motor enggak langsung melaju, gejalanya seperti kalo motor bebek atau sport, kampas koplingnya sudah mulai aus,” beber warga Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Nah, setelah digelandang ke bengkel resmi langgangannya, yakni Honda Clara Motor II, barulah ketahuan penyakit sesungguhnya. Tepatnya ada rembesan oli dari sil kruk as. Sebenarnya, v-beltnya masih bagus dan enggak bermasalah brad n sist, tapi karena ada rembesan oli, otomatis ada yang nyiprat ke v-belt. Hal ini yang bikin selip dan timbul bunyi.

“Nah, kenapa sil ini bisa rembes? Pertama, karena memang usia tunggangan sudah cukup lama sehingga sil ini memang sudah waktunya minta ganti. Kedua, karena juga jarang dilakukan pengecekan maupun servis CVT,” terang Aris, mekanik Clara Motor II.

Mekanik yang ngepos di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ini menambahkan, untuk proses penggantian sil kruk as tersebut cukup singkat dan mudah. “Untuk melepasnya, cukup dicungkil pakai obeng min (-), tentunya CVT harus sudah kondisi terbongkar. Kemudian bersihkan rembesan oli beserta kotoran di dalam CVT pakai bensin atau semprot angin kompresor,” ujarnya.

Aris juga bilang, ongkos tebus sil ini murah, karena cukup siapkan mahar Rp 8.000 aja, bradsis. Tapi yang perlu diperhatikan, kode sil jangan sampai salah, yaitu XH0979F. “Murah kan brad n sist, tapi mampu usir berisik di CVT. Oh ya, hal ini juga bisa terjadi di matik jenis maupun merek lain. Jadi, jangan sampai telat servis ya!” wanti pria ramah tersebut.

Honda Clara Motor II : 021-53672007

Takar biaya ganti sil kruk as

Sil kruk as     Rp 8 ribu

Jasa                Rp 45 ribu

Total Biaya Rp 53 ribu

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: banar
  541 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !