Kompetitor Pakai Mesin DOHC, Kenapa Yamaha Setia dengan SOHC?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-REVIEW
26
Jan
2017

Kompetitor Pakai Mesin DOHC, Kenapa Yamaha Setia dengan SOHC?

  16798   0
Kompetitor Pakai Mesin DOHC, Kenapa Yamaha Setia dengan SOHC?
Kompetitor Pakai Mesin DOHC, Kenapa Yamaha Setia dengan SOHC?

JAKARTA, ME. Di saat kompetitor mengandalkan mesin berteknologi DOHC, Yamaha masih setia dengan SOHC. Hal ini diaplikasikannya pada motor sport terbaru mereka, All New Yamaha R15, bradsis. Namun, ada penjelasannya nih kenapa mereka masih setia aja pakai mesin SOHC..
 
Sebelum dibahas lebih lanjut, kenali dulu perbedaannya antara SOHC (Single Over Head Camshaft) dengan DOHC (Double Over Head Camshaft). SOHC menggunakan satu camshaft atau noken as yang bekerja dengan dua katup, yakni katup intake (hisap) dan exhaust (buang) ke knalpot.
 
Sementara DOHC, menggunakan dua camshaft dalam satu piston. Jadi, mesin menggunakan empat katup, dua untuk mengatur asupan bahan bakar dan dua untuk gas buang, bradsis. Kelebihan dari SOHC juga perawatannya jauh lebih murah dibandingkan dengan mesin DOHC.
 
"DOHC adalah teknologi yang bagus, mesin dengan rpm tinggi. Lebih cocok untuk mesin dengan stroke yang lebih pendek. Tapi mesin dengan stroke yang lebih pendek akan kekurangan di bagian torsinya di saat rpm rendah. Namun All New R15 menggunakan bore dan stroke yang ukurannya hampir sama atau nearly square. Jadi, menurut kami ini adalah yang paling seimbang, antara performa di rpm tinggi dan torsi di rpm rendah," terang Katsumitsu Wakamatsu, President of PT. Yamaha Motor R&D Indonesia, Yamaha Motor Asian Center Co., Ltd.
 
"DOHC bagusnya di rpm tinggi, tapi untuk rpm rendah powernya lebih bagus di SOHC, apalagi ditambah dengan VVA. Untuk kondisi di Indonesia, untuk rpm tinggi itu sulit, karena macet. Jadi, kombinasi SOHC dengan VVA ini menurut kami adalah the best balance untuk motor ini," tambah Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
 
Sampai sekarang, Yamaha Indonesia masih belum mengumumkan kapan All New R15 akan masuk jalur produksi dan akan dibandrol berapa, bradsis. Rencananya sih semester 1 tahun 2017, kita tunggu aja sampai bulan Juni nanti..

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: Donnyantoro
  346 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !