Pilihan Sepatu Riding, Mata Kaki Harus Tertutup
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
28
Jan
2017

Pilihan Sepatu Riding, Mata Kaki Harus Tertutup

  10995   0
TDR One Team Boots Light Textile Fabric Black, ada dua pilihan warna
TDR One Team Boots Light Textile Fabric Black, ada dua pilihan warna
Xpd X-Zero-R, Pengikatnya ada tiga model
Xpd X-Zero-R, Pengikatnya ada tiga model
Scoyco MBT003, tersedia dua pilihan warna
Scoyco MBT003, tersedia dua pilihan warna
Sidi, layaknya sepatu casual atau harian
Sidi, layaknya sepatu casual atau harian
Tapak sepatu gak licin saat hujan
Tapak sepatu gak licin saat hujan
Salah satu pengikat dari merek sepatu Xpd, microlock
Salah satu pengikat dari merek sepatu Xpd, microlock
Tampak Belakang sepatu riding Xpd
Tampak Belakang sepatu riding Xpd

JAKARTA, ME. Brad n sist pasti ada yang pernah merasakan cinta Tanah Air alias jatuh di jalan raya. Tentunya, hal ini jangan sampai terulang lagi. Untuk itu, kita harus selalu waspada dalam berkendara. Selain itu, riding gear juga perlu diperhatikan. Tujuannya, agar selama riding dalam maupun luar kota dan bila terjadi kecelakaan luka-luka bisa diminimalisir. Amit-amit, jangan sampe ya, bradsis!

Makanya, kudu lengkap riding gear-nya, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Untuk sepatu, penting banget melindungi bagian tumit kaki atau mata kaki. Pasalnya, bagian tersebut cukup lama sembuhnya kalo terjadi luka. Makanya, paling enggak gunakan sepatu yang sampai menutupi mata kaki, bradsis.

“Salah satu bagian yang juga perlu diperhatikan, yaitu kaki. Pasalnya, alas kaki yang ideal dalam berkendara adalah sepatu yang menutupi mata kaki. Sehingga apabila terjadi accident, bagian tersebut bisa terlindungi. Karena tumit tersebut merupakan engsel pergerakan kaki dan kalo luka, lama sembuhnya,” jelas Herry, leader Defensive Riding di Rifat Drive Labs (RDL).

Nah, pilihan sepatu riding harian maupun luar kota cukup bervariasi dan beragam modelnya. Di pasaran, mereknya juga banyak, tapi beberapa label yang dibahas di antaranya Sidi, Scoyco, Xpd dan TDR. So, tinggal pilih sesuai selera dan kantongnya masing-masing, bradsis.

TDR
Gak cuma menjual produk part performa, bradsis. Tapi, merek ini juga menjual riding gear. Karena keselamatan dalam berkendara sangat diperlukan, maka label ini bikin sepatu buat riding. Di antaranya ada tipe One Team Boots Light Textile Fabric Black, Boots TDR-One Racing Black, dan Booths Performance (Speed) Black/White.

Desainnya dibuat khusus pengguna motor, material yang diaplikasikan juga gak mudah sobek. Ditambah lagi dengan adanya protector di ujung sepatu yang berbahan dari stainless steel. Fungsinya buat mengurangi atau penahan jika terjadi benturan di kaki. Untuk bagian bawah alas kaki ini menggunakan material karet berkualitas tinggi.

“Semua bahan atau desainnya dibuat agar matching sama bikers itu sendiri dan aman saat digunakan baik dikondisi hujan ataupun panas. Terlebih lagi, bagian bawah sepatu dari karet khusus dan anti selip. Untuk harga kisaran Rp 550 ribu hingga Rp 1 juta, kok. Murah kan!,” papar Yudo, bagian Marketing TDR Center, di Pulogadung, Jaktim.

Scoyco
Label ini selain menjual sarung tangan, juga mengeluarkan produk untuk sarung kaki. Eh, maksudnya sepatu, bradsis. Hehe.... Produk ini ada dua tipe yang tingginya semata kaki. Di antaranya; Scoyco MBT003 dan MBT011W. Bahan yang digunakan juga berkualitas tinggi, sehingga sepatu gak mudah sobek.

“Bagian bawah alas kaki ini cukup keset atau gak gampang licin saat posisi kaki ada di dek atau footstep. Untuk tipe MBT011W ini waterproof loh, brader. Jadi cocok banget yang suka turing atau dipakai harian. Tinggal pake jas hujan kaki aman, kecuali kerendam banjir ya! Haha...,” papar Donny Alfariza, owner DNE Motowork di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Harga kedua sepatu riding ini masih terjangkau dan kualitas tinggi, yakni Rp 1,3 juta untuk tipe MBT003 dan MBT011W dipatok harga Rp 1,350 ribu. Untuk ukurannya tersedia dari 40 sampai 43, bradsis.

Sidi
Merek branded ini gak hanya menjual racing apparel alias perlengkapan balap. Tapi, ada juga yang bisa digunakan untuk bikers yang doyan jalan-jalan keluar kota. Kayak sepatu casual warna abu-abu yang dijual seharga Rp 1,8 juta ini, namun sayangnya hanya ada buat ukuran kaki nomor 42.

“Kelebihannya pada sisi pinggir depan dan belakang sepatu terdapat protector. Jadi, kalo kaki ke pentok suatu benda gak langsung tertuju ke kaki. Tapi, ketahan sama pelindung tambahan di sepatu tersebut. Sedang bawahnya dari karet khusus dan gak mudah licin kalo cuaca lagi hujan,” jelas Donny, yang menjual apparel.

Xpd
Desainnya keren nih, bradsis! Pasalnya, bahan material sepatu ini mengambil dari teknologi balap. Tapi, masih bisa digunakan buat harian maupun turing. Pada bagian pengikatnya ada tiga model pengunci, pertama resleting, tali dan microlock. Lalu, pada sisi mata kaki kiri dan kanan terdapat pelindung yang bahannya cukup kuat dan keras.

“Bagian pelindung di mata kaki itu berfungsi untuk mengurangi saat terjadi benturan dan mata kaki aman. Selain itu, pada tumit belakang yang didesain agak melengkung yang bertujuan agar pergerakan kaki gak kaku saat berjalan kaki atau gak lagi riding,” tambah Donz, panggilan Donny Alfariza.

Pilihannya tersedia warna hitam-putih-merah dan hitam-putih. Sedangkan banderol sepatu branded ini kisaran harganya Rp 1,750 ribu hingga Rp 2,5 juta. Wew!

TDR Center : 021-4600030

DNE Motowork : 0811-1097778

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  229 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !