RCV Big Bang Belum Siap, Lagi-lagi Terhambat di ECU
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
03
Feb
2017

RCV Big Bang Belum Siap, Lagi-lagi Terhambat di ECU

  10780   0
RCV Big Bang Belum Siap, Lagi-lagi Terhambat di ECU
RCV Big Bang Belum Siap, Lagi-lagi Terhambat di ECU

SEPANG, ME. Sesi tes pra-musim di Sepang, Malaysia, dimanfaatkan oleh Marc Marquez dan timnya untuk ngembangin RCV terbaru dengan mesin big bang. Bisa dibilang, motor ini belum siap, bradsis. Menurut Marquez, lagi-lagi ECU yang jadi hambatannya..
 
ECU standar dari Magneti Marelli ternyata bikin Marquez dan timnya cukup kesulitan untuk menggali potensi dari RCV bermesin big bang. Padahal, jika dibandingkan dengan RCV mesin screamer, mesin big bang punya torsi lebih besar.
 
"Tidak terlalu punya tenaga penuh, karena jika dibandingkan dengan motor-motor lain, tetap pabrikan lain punya power lebih. Jadi, hantaran torsinya, bagaimana mengaturnya saat keluar tikungan, dan bagaimana mengatur torsinya agar tidak wheelie, saat berakselerasi," terang Marquez.
 
"Kami melakukan peningkatan besar selama tiga hari ini, tapi sekarang kami dapat banyak informasi untuk menandakan di mana masalah terbesar dan sekarang mereka (teknisi) punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Jepang," tambahnya.
 
Marquez dan timnya juga lebih fokus ngulik masalah elektronik alias ECU, sedikit-sedikit juga mengulik di bagian setting lainnya. Masalahnya mirip dengan musim lalu nih. Di awal musim, Honda emang terlihat bermasalah dengan elektronik, tapi tetap mampu jadi juara dunia. Tapi, musim ini Honda terlihat lebih baik dari musim lalu.
 
"Ya, kami lebih dekat. Tahun lalu kami lebih jauh dibanding para pembalap teratas dan kami lebih kesulitan lagi. Tahun lalu, saya tidak memahami apapun. Tapi sekarang, kami paham dan kami tahu di mana masalahnya," jelas Marquez.
 
"Tapi saya juga ingin menunggu sesi tes di sirkuit lain. Karena di Malaysia merupakan sirkuit spesial, kondisi spesial, sangat panas. Saya punya pengalaman di 2015, dimana saya sangat kencang di sini dan sangat kesulitan di sirkuit lainnya," lanjutnya.
 
Sesi tes berikutnya di Phillip Island, Australia, akan digelar 15-17 Februari mendatang, bradsis. Marquez juga paham masalah mereka gak akan langsung selesai saat sesi tes di sana. Pasalnya, masalahnya harus diselesaikan secara bertahap. "Di Australia, saya pikir penting untuk memperbaiki masalah yang besar, lalu masalah kecil akan dikerjakan pada sirkuit demi sirkuit," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  227 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !