Modifikasi Yamaha Nouvo Z; Gak Ada Kata Mahal Buat Hobi
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-MODIFIKASI
09
Feb
2017

Modifikasi Yamaha Nouvo Z; Gak Ada Kata Mahal Buat Hobi

  3419   0

JAKARTA, MEKalo kita sudah suka dengan dunianya, apapun itu pasti rela buat melakukan sesuatu agar bisa terwujud. Seperti halnya yang dilakukan Fadhila Alfani, pada Yamaha Nouvo Z miliknya ini, bradsis. Apapun dan di mana, untuk bisa mengubah skutiknya ini doi bakal kejar. Doi juga gak pandang bulu soal berapa harganya.

“Yoi, brader! Gue emang hobi modif motor. Karena bisa mewujudkan hasil kreasi atau ide yang ada di otak. Meskipun dibantu sama bengkel-bengkel, kita tau komponen apa yang cocok untuk bisa diaplikasikan dan senada. Jadi kalo sudah hobi, mau harga berapa pun pasti dibeli. Jadi, gak ada kata mahal kalo sudah suka,” ungkap Soler, sapaan lain Fadhila Alfani.

Sadis! Dalam upgrade besutan tahun 2006 ini, Soler gak merujuk pada satu bengkel. Tapi, ada tiga tempat yang dipercayakan buat menggarap skutik tersebut dengan konsep Work Fashion Daily.

Progres pertama dilakukan ke gerai DJM Garage yang bermarkas di Jl Raya Bogor KM 37,5 buat memasang berbagai macam aksesori pendukung. Mulai kaki-kaki sampai part aftermarket yang kecil-kecil. Contohnya, pelek depan orisinal Nouvo Elegance orisinal Thailand dan belakang Enkei made in Indonesia. Bedanya apa brader?

“Bedanya dimodel palang. Versi Thailand palangnya lebih halus, sedangkan yang lokal pada palangnya terdapat tonjolan. Harga satu pelek Nouvo Elegance Rp 1,2 jutaan dan pelek Enkei lokal Rp 1 jutaan,” paparnya sambil menunjukkan rincian harganya. Wedew!

Setelah part aftermarket terpasang dengan baik, dilanjutkan ke engine. Perubahan ini biar tarikannya gak memble. Jadi, buat riding ke kantor masih enak dan bisa ngejar setoran alias telat ngantor. Nah, urusan upgrade performa digarap sama Bagol, owner Gol’s Motor di Jl. Masjid Nurul Hidayah, Jaktim.

“Biar akselerasinya gak belet-belet amat kalo lagi berangkat kerja. Ubahannya gak ekstrem kok, cuma bore-up standaran aja. Yakni, diganti seher 54 mm dan beberapa bagian di custom plus porting-polish,” sambung Bagol, yang juga menjadi mekanik Gol’s Motor.

Pasang aksesori udah, upgrade mesin oke. Sekarang bagian finishing nih, bradsis! Waduh, mau gak mau beberapa komponen kudu dilepas nih! Mulai bodi orisinal Nouvo Vietnam seharga Rp 1,350 ribu, batok setang Rp 1 juta dan bodi belakang kena semprot. Maka itu, hasil akhir diserahkan sama Chepy yang jago main cat.

Soler, yang bekerja sebagai kontraktor ini, pengin warna yang ditonjolkan di Nouvo Z tersebut lain daripada yang lain. Dipilihnya kelir Ungu Meganta dan dipadukan carbon printing effect rainbow kayak yang difoto atas, bradsis.

Gas truus, brader!

Pesan Inspiratif: Lebih baik modif motor, daripada duitnya abis gak ada bentuknya.

Saran Tim ME: Penempatan emblem di bagian bodi depan kurang pas, mungkin bisa dipindah tempatnya di sepatbor depan atau bodi belakang

Penilaian Tim ME: (8*): Keren,  Perpaduan warna bodi dan aksesori cukup kontras.

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat
 

Data Modifikasi :
Pelek: Nouvo Elegance dan lokal, Ban: Maxxis, 70/80-16 & Mizzle, 80/90-16, sok: standar custom & KTC, bodi depan: Nouvo Vietnam, batok setang: Nouvo Elegance, speedometer: Koso, handle: RCB, handgrip: Harris, kaliper rem depan: RCB, cakram: TDR, cover kipas: KTC karbon, cover CVT: krom, jok: MB Tech.

Bengkel: DJM Garage, Jl Raya Bogor KM 37,5, Cilodong, Depok. Telp : 0856-9138-6192 / 0813-1071-1640. Gol's Motor, Jl. Masjid Nurul Hidayah, Jaktim. Telp: 0896-96180447. Chepy Design Airbrush, Jl. Padurenan, Kampung Kelapa Dua, Gg. Pulo Utama, Bekasi.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  39 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !