Pasang Footstep Otomatis NMAX, Cukup Pencet Dengan Tumit
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
ME-TIPS
10
Feb
2017

Pasang Footstep Otomatis NMAX, Cukup Pencet Dengan Tumit

  3285   0

TANGERANG, ME. Ada cara simpel dan cepat untuk mengaktifkan (buka) footstep belakang Yamaha NMAX kesayangan loe nih, bradsis. Yakni dengan cara aplikasi footstep otomatis, seperti yang dilakukan Muhammad Zaki, pemilik bengkel Jack Ass Custom.

“Sebenarnya peranti ini bukan barang baru brad n sist, karena footstep otomatis ini, copotan footstep belakang Kymco Free LX 110. Kenapa aplikasinya pada NMAX? Karena kadang suka ribet saat mau mengaktifkan atau membuka footstep belakangnya. Posisinya agak ke dalam, sehingga kadang dicungkil-cungkil pakai ujung kaki, tetap enggak kena. Mau enggak mau pakai acara nunduk dan ditarik pakai tangan,” ucap pria akrab disapa Jacky.

Pebengkel di Jl. Doctor Mangun Kusumo No.5 (Jl. H. Mencong), Ciledug, Tangerang ini bilang, kelebihan footstep Kymco ini adalah mempermudah boncengers maupun riders saat mau buka footstep belakang. “Enggak perlu nunduk dan dibuka pakai tangan lagi brad n sist. Cukup dipencet pakai jempol kaki atau tumit, footstep langsung kebuka,” kekehnya.

Keunggulan lainnya yaitu footstep lebih panjang, sehingga kedua kaki boncengers menapak lebih optimal. “Nah, yang enggak kalah penting adalah untuk antisipasi footstep ngebuka sendiri. Kalo sudah begitu, kadang suka nyangkut atau mentok sesuatu saat parkir maupun belok,” yakin pebengkel pengalaman lebih dari 20 tahun.

Sedangkan proses bongkar pasangnya, Jacky bilang butuh waktu sekitar 30 menit, karena harus lepas dek dan cover dek. Lebih detailnya, berikut urutan cara pasangnya:

1. Pertama, siapkan footstep otomatis copotan Kymco Free LX 110.

2. Lepas dek dan cover dek sisi kiri kanan, agar proses bongkar pasang footstep lebih gampang

3. Coak dek sisi belakang, menggunakan gergaji besi atau alat lain, semisal cutter. “Coakan tersebut, nantinya untuk ruang tombol otomatis footstep baru,” imbuh Jacky.

4. Kemudian pasang footstep otomatis bawaan Kymco. Proses pasangnya juga mudah, seperti halnya bongkar pasang footstep pada umumnya dengan melepas pengunci footstep terlebih dahulu.

5. Langkah berikutnya, tinggal pencet tombol footstep otomatisnya. Sudah bekerja dengan baik atau belum. Lalu dilanjutkan pasang kembali dek maupun cover dek yang sudah dilepas.

Jack Ass Custom: 0878-80473510

Text: banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: banar
  38 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !