Atasi Vespa Sprint Geal-geol, Pake yang Beginian, Kuat dan Stabil
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
28
Feb
2017

Atasi Vespa Sprint Geal-geol, Pake yang Beginian, Kuat dan Stabil

  7206   0

BEKASI, ME. Kalo denger lagu dangdut, pasti pada goyang. Tapi, giliran motor yang goyang alias geal-geol, bakalan gak enak banget buat riding. Apalagi buat manuver bin menikung, berasa ngebor dah, bradsis. Penyakit tersebut kerap terjadi pada Vespa Sprint, GTS 150 dan Primavera..

“Ini sering kita temui di bengkel. Penyebabnya beban atau bobot di motor cukup berat, sehingga karet engine mounting lama-kelamaan mulai lemah, longgar, bahkan ada yang sampai hancur. Sedangkan bahan komponen tersebut kurang bagus dan mudah rusak. Makanya, pake yang beginian!” papar Yudi Pede, mekanik Seventeen Garage (17Garage).

Nah, untuk mengatasi penyakit tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan masih bisa dikerjakan sendiri kok! Pengganti karet peredam getaran mesin tersebut pake material yang cukup kuat, bahannya dari Polyurethane. Makanya, pake karet engine mounting yang beginian, tahan lama dan stabil.

Mekanik 17Garage, mau kasih sedikit tips cara aplikasinya nih, bradsis. “Pertama, tentunya menebus karetnya tersebut seharga Rp 250 ribu satu pasang. Peranti substitusi itu bisa digunakan buat Vespa Sprint 3ev, Vespa Primavera, dan Vespa GTS 150,” papar Pede, sapaan akrabnya.

Selanjutnya, siapkan dongkrak atau bangku kecil buat menahan skutik Italia tersebut. Terus, ambil tang jepit buat melepas klip pada karet engine mounting. Habis itu, keluarin deh karet penahan getaran mesin itu dari tempatnya. Sebelum dipasang karet engine mounting polyurethane, oleskan dulu pake gemuk di bidang part itu.

“Tujuannya, biar gampang masukinnya dan kinerjanya bisa maksimal. Jangan banyak-banyak kasih grease-nya, oles sedikit aja! Kalo sudah, baru deh pasang atau masukkan peranti itu sesuai posisinya. Oiya, untuk karet yang kecil berada di dalam, sedang yang besar di luar,” jelasnya di daerah Grand Galaxy Park, Bekasi, Jawa Barat.

Kelar! Eits, masih ada, bradsis. Sebelum memasang klip-nya, diberikan ring besar tambahan. Agar karet warna orange itu gak mudah lepas. Baru deh yang terakhir pasang klip tadi. Selesai!

Bengkel: Seventeen Garage (17 Garage), Grand Galaxy Park, Blok RSN5, No.12, Kota Bekasi, Jabar. Telp: 021-82732678.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: teguh
  125 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !