Atasi Kunci Jok Mio Ngadat, Cukup Modal Hanger Baju
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ANEKA TIPS
15
Mar
2017

Atasi Kunci Jok Mio Ngadat, Cukup Modal Hanger Baju

  3783   0
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat
Atasi Kunci Jok Mio Ngadat

JAKARTA, ME. Kalo loe salah satu pembesut Yamaha Mio (lawas), hukumnya wajib menyimak ulasan berikut. Biar pengalaman kunci jok ngadat yang dialami Iwan, pada Mio lansiran 2005 kesayangannya, enggak terjadi pada brad n sist. Kalo terjadi juga, minimal bisa diatasi sendiri tanpa harus digiring ke bengkel..

“Gua memang jarang ngerawat maupun kasih pelumas pada kunci jok. Alhasil, waktu mau isi bensin dan mau buka jok, anak kunci diputar agak berat. Kayak ada yang nyangkut. Setelah gua semprot pakai anti karat, agak mendingan, meski masih agak seret. Makanya sejak itu, gua rajin semprot pakai anti karat,” ujar warga Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Namun selang beberapa minggu, hal serupa terulang kembali, hingga benar-benar enggak bisa dibuka sama sekali. “Karena rumah agak jauh dari bengkel dan meter bensin sudah pada posisi habis, gua enggak mau ambil resiko kehabisan bensin di tengah jalan, saat menuju bengkel. Makanya, gua coba bongkar sendiri saja,” tutur pria usia 30 tahun.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Karena jok ngadat, otomatis untuk membongkar bodi-bodi Mio ini, mengalami kendala brad n sist. Tapi Iwan menemukan celah, yakni dengan mencungkil sisi jok pinggir, bagian tengah (pakai tangan). Dari situ, baut pengikat cover mesin kiri-kanan kelihatan, serta bisa dibuka menggunakan obeng kembang.
  2. “Langkah selanjutnya copot cover mesin dan baut-baut pengikat bodi, sisi kiri. Tujuannya agar bodi sisi kiri juga bisa dicungkil (pakai tangan), guna mengintip posisi pengunci jok, melalui dekat sok belakang. Gunakan lampu senter atau senter HP, untuk membantu penerangan,” imbuh Iwan.
  3. Langkah berikutnya, siapkan kawat yang agak tebal dan panjang atau pakai hanger baju juga bisa. Kemudian salah satu ujungnya dibengkokin membentuk huruf C, yang nantinya untuk menarik pengunci jok”.
  4. Posisikan ujung kawat berbentuk C tersebut, pada ujung tuas pengunci jok. Sekiranya sudah pas, kawat ditarik sembari jok diangkat (dibuka). “Nah beginilah cara gua membuka jok Mio kesayangan yang ngadat, saat kondisi darurat. Kalo jok sudah bisa kebuka, tinggal dibawa ke bengkel untuk memperbaiki kunci joknya,” tutup pria humoris ini.

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Banar
  46 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !