Tips Modifikasi Ringan Honda CRF250 Rally ala Lerry, Caos Custom
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
21
Mar
2017

Tips Modifikasi Ringan Honda CRF250 Rally ala Lerry, Caos Custom

  1292   0
Honda CRF250Rally
Honda CRF250Rally

JAKARTA, ME. Mewarisi ketangguhan Honda CRF450 dalam Rally Dakar, Honda CRF250 Rally dihadirkan ke pasar Indonesia untuk mengisi pasar adventure, bradsis. Secara tampilan, teknologi dan spesifikasi mesin motor ini udah cukup untuk diajak menjelajah. Dari segi harga juga terbilang terjangkau di kalangan pecinta adventure..

Beberapa perubahan pastinya akan dilakukan oleh pecinta motor adventure. Menurut Lerry Rachmat Rizki, selaku penggiat custom dan pengguna motor adventure, motor Honda CRF250 Rally tebilang berat untuk digunakan dalam enduro, karena berat mencapai 155 Kg.

"Enduro dan adventure kan berbeda, kalo untuk enduro motor ini masih terlalu berat. Lihat sendiri kan tadi ketika motor ini jatuh berapa orang yang membangunkan. Apalagi saat jumping dan jatuh ke tanah terlihat banget," ujar Lerry, yang juga pemilik Caos Custom, saat ditanya tim ME pada sesi test ride di Ancol (18/3).

Lebih lanjut, Lerri menjelaskan kalau untuk adventure, motor ini terbilang cocok, bradsis. Hanya dengan melakukan modifikasi yang ringan juga cukup kok. Tinggal mengganti beberapa part saja, seperti suspensi, rantai, ban, pelek, dan knalpot.

"Untuk menyesuasikan tinggi badan orang Indonesia, cukup mengganti ukuran pelek depan 3,5 inci dan belakang 4,25 inci, pakai ring 17-17 atau 19-17, karena pilihan untuk ring 21-19 itu masih sedikit pilihannya. Tetapi kalau 19 dan 17 ada banyak pilihan, mengenai ukuran ban depan bisa menggunakan 120/70 dan belakang 160/70, masih masuk kok," jelasnya.

Mengenai suspensi yang terlalu empuk, penambahan oli bisa menjadi solusi murah, bradsis. "Kalau mau ganti juga sudah ada untuk suspensi depan dan belakang, harganya Rp 13 juta," tambah pria berkacamata yang memiliki workshop di Pancoran Barat tersebut.

Guna mendapatkan tarikan yang lebih enteng, gir depan diubah menjadi 13 diimbangi gir belakang 48/50 atau 44/46 dan mengganti knalpot free flow. Modifikasi ini juga telah dilakukan Lerry di workshop miliknya, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  13 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (18)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !