Rawat Kunci Jok Sebelum Nasi Menjadi Bubur
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
22
Mar
2017

Rawat Kunci Jok Sebelum Nasi Menjadi Bubur

  4069   0
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok
Rawat Kunci Jok

TANGERANG, ME. Seperti halnya kunci kontak, kunci jok tunggangan juga wajib dirawat lho, bradsis. Biar kejadian yang dialami Iwan, pembesut Yamaha Mio lansiran 2005 ini, enggak terjadi pada tunggangan loe semua, yakni kunci jok macet..

Perawatan kunci jok, sebenarnya simpel brad n sist, cukup dikasih pelumas atau semprotan anti karat, dijamin enggak bakal rewel maupun ngadat. “Makanya, bagi brad n sist yang kurang peduli dengan perawatan kunci jok, mulai sekarang segera dilakukan, sebelum nasi menjadi bubur,” wanti Iwan.

Hal ini berdasar pengalamannya sebulan lalu brad n sist. Sore, sekitar jam 5-an, Iwan terjebak macet di seputaran Pancoran, Jakarta Selatan, karena lagi ada perbaikan jalan (jalan menyempit). Baik motor maupun mobil stuck, alias enggak bergerak. Cuaca yang awalnya cerah, dengan cepat berubah jadi mendung. Kemudian hujan turun dengan lebat. Iwan pun bergegas mematikan mesin motor dan mencoba buka jok untuk mengambil jas hujan.

Apa yang terjadi brad n sist? Seperti yang disinggung di atas, kunci jok ngadat dan enggak bisa dibuka. Dengan muka panik dan bingung, Iwan mencoba cari tempat untuk meneduh. “Tapi memang sudah rejeki, karena kondisi macet dan stuck, enggak bisa neduh ke pinggir. Akhirnya pasrah dan dengan berat hati, laptop di dalam tas rela ikut basah-basahan,” imbuh Iwan.

Sejak kejadian itulah, Iwan rajin merawat kunci jok, kunci kontak dan perangkat lainnya. Nah, khusus brad n sist yang doyan ngoprek dan pengin tahu lebih detail seperti apa cara bongkar kunci jok Mio, Iwan mempraktekkan langsung pada kunci jok Mio kesayangannya.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langah awal, buka cover mesin dan semua bodi belakang yang menempel di motor, menggunakan obeng kembang. Lalu lepas lampu belakangnya, terlebih dulu lepas soket lampu pakai kedua tangan.
  2. Di balik lampu belakang tersebut, ada 2 baut pengunci spatbor belakang. Lepas kedua baut tersebut menggunakan kunci T-10mm
  3. Selanjutnya lepas 2 mur yang mengikat rumah pengunci jok. Gunakan kunci ring 10 mm atau T-10mm
  4. Kalo rumah pengunci sudah terbuka, akan kelihatan rangkaianya brad sist. Nah yang dialami Iwan adalah kabel kunci jok terlepas dari dudukannya, sehingga saat anak kunci diputar, kabel kunci jok enggak menarik slot pengunci, sehingga jok enggak bisa terbuka.
  5. Kalo kabel kunci jok terlepas, posisikan pada dudukannya. Pastikan saat anak kunci diputar, slot pengunci jok kerjanya lancar (maju-mundur).
  6. Kalo kabel kunci jok sudah normal kembali, langah berikutnya tinggal lumasi atau semprot pakai anti karat, bagian-bagian yang bergerak atau bergesekan, tujuannya untuk antisipasi karat dan seret yang berujung ngadat.

Text: Banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: banar
  48 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (50)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !