Jangan Sembarang Menggunakan Kampas Kopling Carbon, Kenali Ritualnya!
GM Juli 2015
Dunia Scooter Magazine
Achilles Tire
KNOWLEDGE
22
Mar
2017

Jangan Sembarang Menggunakan Kampas Kopling Carbon, Kenali Ritualnya!

  1948   0
part Kampas kopling racing
part Kampas kopling racing

JAKARTA, ME. Penggunaan kampas kopling sangatlah berpengaruh terhadap performa motor. Salah-salah, slip kopling atau lari motor malahjadi lemot saat kopling bermasalah. Tetapi jika loe melakukan pemilihan yang tepat dan pemasangan yang benar, dijamin bisa ngacir, bradsis..

“Kampas kopling berperan penting sebagai perantara perpindahan tenaga yang dihasilkan ruang bakar pada gigi rasio di girboks. Jadi, jika kampas kopling bermasalah, otomatis kinerja sepeda motor tidak maksimal,” jelas Rio Tan selaku Manager Technical Service PT Enwan Multi Partindo.

Dalam menggunakan kampas kopling carbon jangan langsung pasang dan digunakan, tetapi ada ritualnya terlebih dulu. “Sebelum dipakai untuk balap, kampas kopling harus direndam semalaman menggunakan pelumas mesin (oli). Tapi merendamnya jangan pakai yang bekas ya. Ini dilakukan supaya tekstur kampasnya agar lebih menyatu. Ya, istilahnya butuh penyesuaian dulu biar bisa mencengkram dengan baik,” katanya.

Tanpa ritual ini biasanya slip kopling akan terjadi, bukannya makin ngacir malah ngedrop performanya. Cara lain selain merendamnya dengan oli, usahakan untuk manasin mesin hingga cukup panas untuk kopling carbon melakukan penyesuaian, bradsis.

Memasuki dunia racing, pastinya kampas kopling standar sudahlah tidak berpengaruh. Untuk itu, Uma Racing menawarkan kampas kopling carbon khusus Yamaha R25. “Kalau yang berbahan carbon warnanya lebih hitam dan lebih ringan. Serta tidak cepat panas dan juga anti slip, meskipun di putaran mesin tinggi. Jadi, cocok dipakai untuk balap,” lanjut Rio.

Harga kampas kopling berbahan carbon dibanderol Rp 750 ribu, bradsis. Agar lebih maksimal penggunaannya, jangan lupa untuk direndam sebelum dipakai ya, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  27 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !