Sederetan Keluhan Lorenzo Tentang Ducati, Masalah Utama di Ban
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
24
Mar
2017

Sederetan Keluhan Lorenzo Tentang Ducati, Masalah Utama di Ban

  9443   0
Sederetan Keluhan Lorenzo Tentang Ducati, Masalah Utama di Ban
Sederetan Keluhan Lorenzo Tentang Ducati, Masalah Utama di Ban

LOSAIL, ME. Meskipun masuk lima besar tercepat saat Free Practice 1 (FP1), tapi ternyata Jorge Lorenzo punya sederetan keluhan tentang motornya sendiri, bradsis. Ducati Desmosedici GP17 diakuinya masih sulit dikendalikan. Selain itu, ban Michelin yang disediakan juga menambah masalah..
 
Lorenzo jadi salah satu dari beberapa pembalap yang mencoba ban tipe soft di Sirkuit Losail, Qatar. Dengan kondisi cuaca yang berangin, grip ban pun juga menurun. Grip yang dihasilkan ban soft ini juga cepat nge-drop, jelas bukan pilihan yang cocok untuk balapan. Sementara ban tipe hard, juga masih belum cocok dengan GP17 sendiri.
 
"Kami kesulitan dengan kondisi cuaca yang berangin, ini bukan kondisi yang cocok untuk ban tipe hard. Dengan ban tipe soft, feeling kami bisa meningkat, tapi hanya untuk beberapa lap saja," ungkap Lorenzo.
 
"Di dua lap terakhir, performanya turun drastis untuk ban belakang. Kami harus mencoba sesuatu yang besar di sesi berikutnya, khususnya untuk meningkatkan kepercayaan diri saat masuk tikungan. Ini hanya masalah setting," lanjutnya yang bilang bahwa ban tipe soft terlalu soft dan ban tipe hard tidak membuatnya kompetitif dan konstan.
 
Masalahnya saat masuk tikungan jelas ada di bagian belakang, bradsis. Menurut Lorenzo, transfer tenaga dari ban belakang terlalu agresif yang bikin dirinya jadi enggak percaya diri saat mengerem. "Khususnya saat kami kekurangan grip, kami sangat kesulitan di area tersebut," ujarnya.
 
"Motor ini masih sangat menuntut fisik, khususnya ketika tidak ada grip ban belakang. Kami harus membuat motor ini lebih mudah untuk pembalap di semua kondisi. Kami masih harus mencoba setting baru dan mengambil keuntungan dari kekuatan kami, yaitu pengereman. Tentunya kami juga bisa mengambil keuntungan di trek lurus, kami yang tercepat," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  277 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !