Beda Sendiri, Marquez Malah Kewalahan Pakai Ban Medium
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
27
Mar
2017

Beda Sendiri, Marquez Malah Kewalahan Pakai Ban Medium

  2954   0
Beda Sendiri, Marquez Malah Kewalahan Pakai Ban Medium
Beda Sendiri, Marquez Malah Kewalahan Pakai Ban Medium

LOSAIL, ME. Hampir sebagian besar pembalap cukup kompetitif dengan ban tipe medium. Tapi enggak dengan pembalap Honda, khususnya Marc Marquez. Pembalap Spanyol yang start dari urutan 2 ini malah menyesali pilihannya tersebut..

Kondisi cuaca yang buruk bikin start seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, jadi ditunda hingga 2 kali dan jumlah lap dipangkas menjadi 20 lap, bradsis. Alhasil, beberapa pembalap jadi kebingungan menentukan pilihan bannya karena kondisi yang berubah-ubah.

"Menurut saya pilihan yang tepat untuk menunda balapan. Tapi ini juga menciptakan kebingungan yang luar biasa bagi kami tentang pemilihan ban, karena temperatur menurun dan kelembabannya naik," terang Marquez.

"saya pakai ban depan hard dan setelah itu saya mulai ragu. Orang Michelin bilang kepada saya, "Anda satu-satunya yang pakai hard, hati-hati, Anda bisa crash.' Maka itu, saya pakai medium. Tapi itu adalah kesalahan," tambahnya.

Cal Crutchlow juga sama seperti Marquez, ikut mengganti bannya dari hard menjadi medium. Tapi hasilnya sama aja, Crutchlow malah crash di lap ke-4, bradsis. Bukan tanpa alasan kedua rider Honda ini pakai ban depan tipe hard. Berhubung akselerasi RC213V enggak sekuat rival-rivalnya, maka satu-satunya cara untuk mengejar ketertinggalan adalah dengan late braking, butuh support yang bagus dari ban depan.

Namun, seandainya Marquez pakai ban depan hard sekalipun, belum tentu dirinya akan menang, bradsis. "Setelah balapan, saya berpikir mungkin dengan ban depan hard saya bisa bertarung hingga akhir untuk menang. Tapi ban hard juga tidak memberikan peringatan, mungkin saya kompetitif, tapi crash," jelasnya.

"Jika Anda punya motor yang enak, maka mudah saja memilih ban. Jika motor Anda selalu berada di limit, jika pilihannya tidak tepat, Anda akan kehilangan banyak waktu," pungkasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  29 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (49)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !