Aplikasi Voltmeter Plus USB Charger, Aki Aman, Jalin Komunikasi Juga Nyaman
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
31
Mar
2017

Aplikasi Voltmeter Plus USB Charger, Aki Aman, Jalin Komunikasi Juga Nyaman

  5174   0

TANGERANG, ME. Kebanyakan para komunitas kerap menambahkan berbagai macam peranti tambahan. Salah satunya, memasang lampu penerangan di besutan kesayangan. Tujuannya, agar perjalanan di malam hari atau saat gelap tetap terlihat jelas. Untuk itu, biar riding jauh gak bikin kesel akibat aki drop, makanya tegangan harus selalu dipantau..

"Kalo terlalu banyak arus yang keluar dari aki, besar kemungkinan tegangan aki akan cepat drop atau tekor. Apalagi buat besutan yang injeksi, arus listrik yang masuk ke ECU harus stabil. Kurang dari itu, motor akan terasa gak enak, bahkan gak bisa menyala alias mati. Guna mengetahui kondisi tegangan aki, bisa mengaplikasikan voltmeter!" papar Philip, spesialis lampu Alvito Pitstop Lighting Solution.

Caranya, dengan memasang salah satu komponen yang berasal dari Cina ini, bradsis. Peranti seharga Rp 150 ribu ini gak hanya memantau tegangan aki aja, tapi bisa juga men-charger handphone kesayangan. Sehingga buat yang doyan turing, akan tetap terjalin komunikasi antar keluarga atau klub daerah.

"Gak cuma satu handphone aja yang bisa di-charge, tapi dua telephone seluler sekaligus dengan tegangan 5V/1A dan 5V/2,1A. Selain itu, peranti aftermarket ini waterproof lho. Jadi, gak was-was lagi kalo hujan," jelas pria yang mangkal di Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Kunciran, Tangerang, Banten.

Sebagai peragaannya, dipasang di Yamaha Soul GT keluaran 2012, milik konsumennya. Sebelumnya, buka dulu bodi bagian depan agar mudah dalam pengerjaannya. Lalu, cari posisi atau tempat yang pas agar komponen tersebut mudah dijangkau. Karena bentuknya agak besar, maka bodi kena coak menggunakan bor kecil.

"Tujuannya agar part tersebut bisa duduk manis dan gak gampang jatuh. Sedang penyambungannya disatukan ke arus positif (+) kunci kontak dan negatif (-) ke rangka. Setelah itu, kabel sambungan tadi ditutup dengan isolasi hitam, biar gak terjadi korsleting dan jangan lupa buat merakit kembali bodi besutannya," tutupnya.

Alvito Pitstop Lighting Solution : Jl. Sultan Ageng Tirtayasa, Kunciran, Tangerang, Banten. Telp : 0856-8864985.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  159 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !