Siapa Bilang Tangki Custom Rawan Kebocoran, Pahami Dulu Rahasianya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
04
Apr
2017

Siapa Bilang Tangki Custom Rawan Kebocoran, Pahami Dulu Rahasianya

  5565   0
Tangki custom
Tangki custom
Proses pengelasan tangki custom
Proses pengelasan tangki custom

JAKARTA, ME. Kualitas tangki motor custom nggak bisa loe pandang sebelah mata, bradsis. Selain itu, dalam jangka waktu tahunan tangki motor custom terbilang kuat dengan perawatan yang sama dengan motor lainnya. Perbedaan yang terlihat hanyalah pabrikan motor mengggunakan mesin, namun bengkel custom dibuat dengan cara hand made..

Namun, dari tangan-tangan berpengalaman inilah tangki yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, bradsis."Kalo di sini pembuatannya bisa menggunakan alumunium atau plat galvanis. Untuk alumunium lebih ringan tetapi lebih tebal, dan satu lagi menggunakan galvanis dengan ukuran 1,2 mm sedangkan 0,8 terlalu tipis," kata Aris selaku builder dari Puspa Kediri Custom.

Tidak dipilihnya ukuran 0,8 mm dikarenakan ukuran tersebut susah untuk dibuat pola. Sementara ukuran 1,2 mm, selain mudah dibuat pola, ketebalannya juga cukup menjanjikan, bradsis.

Untuk plat galvanis, karat menjadi musuh hal yang sering ditemui. Trik untuk meminimalisir kebocoran bagian dalam tangki di-poxy, bradsis. "Guna mendapatkan bobot yang tidak berat biasanya dempulnya tipis, dan bagian dalam di-poxy biar tidak karat. Untuk pengetesan menggunakan air dan diamkan selama beberapa hari," tambah Aris yang bengkelnya berlokasi di Jati Asih, Bekasi.

Selain poxy dan pengelasan yang mendetail, biasanya Aris menerima request dari konsumen untuk penambahan resin. "Ada juga yang request menggunakan cairan resin, terbilang lebih kuat dari kebocoran tetapi jika tangki ini bocor sangat rawan jika harus dilas, karena resin merupakan zat kimia yang mudah terbakar," jelasnya.

Kualitas tangki custom bisa menjadi pilihan buat loe yang sering mengalami kebocoran, bradsis. "Konsumen yang sudah melakukan custom di sini sampai sekarang belum ada yang mengalami kebocoran, semoga tetap aman," tutupnya.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  65 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !