Bikin Suspensi NMAX Lebih Empuk, Cukup Geser Dikit
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
05
Apr
2017

Bikin Suspensi NMAX Lebih Empuk, Cukup Geser Dikit

  21204   0
Pembuatan dudukan sok breker N-Max
Pembuatan dudukan sok breker N-Max
Dudukan sok breker N-Max
Dudukan sok breker N-Max

JAKARTA, ME. Kehadiran Yamaha NMAX membuat pecinta motor skutik jatuh hati, bradsis. Selain penampilan yang semok alias besar dan padat, motor ini juga memiliki harga yang cocok untuk motor matic berkapasitas 150cc. Namun, banyak yang mengeluh akan suspensi belakangnya yang keras. Beberapa pendapat hadir mulai dari harus ganti sokbreker, hingga produk global yang kurang cocok dengan jalanan di Indonesia..

Produsen aftermarket menjawab keluhan pengguna NMAX. Hal ini terbukti dengan banyaknya pilihan sokbreker, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tapi ada satu pilihan lagi yang bisa loe terapkan untuk skutik bongsor dari Yamaha ini, yakni penambahan dudukan sokbreker.

Seperti yang dilakukan Indra Laksana Riadi, bradsis. "Serkit alias geser dikit, membuat NMAX menjadi lebih empuk," kata pemilik workshop Sekre di bilangan Bekasi tersebut.

“Awalnya, karena boncenger yang mengeluh karena suspensi belakang yang keras. Sebelumnya juga gue udah coba beberapa produk aftermarket, tetapi bedanya tidak terlalu terasa. Terlihat posisi sok yang terlalu tegak jadi reboundnya keras, dari situ gue mencoba untuk menambahkan dudukan sok atas lebih ke depan,” lanjutnya.

Indra juga menjelaskan, untuk pengerjaan biasanya memakan waktu hingga 3 jam. Dalam waktu tersebut, proses penambahan dudukan dilakukan dengan pemasangan bushing sepanjang 6 cm dan tebal 2,5 mm. “Sengaja ditambah, bukan diubah, jika mau mengembalikan ke dudukan asli tinggal digeser. Perubahannya, sok sedikit lebih rebah 30 derajat, dudukan lebih maju 3,5cm dan tingginya bertambah 1 cm,” jelas Indra.

Selain itu, dudukan filter belakang juga diganjel dengan bushing setebal 1 cm, gunanya supaya sok tidak mentok. Para pengguna NMAX juga sudah banyak yang melakukan ubahan ini, bradsis. Pasalnya, perubahan ini tidak melakukan pencoakan body ataupun filter udara. “Pendapat mereka bagus, yang terjadi malah sokbreker aftermarket-nya dijual dan mereka kembali menggunakan sok standar, kalau menggunakan yang aftermarket malah keempukan,” cerita Indra.

Beberapa konsumen juga sudah mencoba dengan beban berat dan jalur yang bervariasi. “Konsumen gue ada yang beratnya 100 kg, dan juga ada yang sudah dibawa touring. Dalam forum di jejaring sosial mereka meresponnya dengan baik. Selain itu, menurut mereka baut standar dudukan berukuran 12 yang ditakutkan lama kelamaan bengkok kalau beban berat dan jalan yang rusak,” kata Indra.

Loe cukup membawa uang Rp 225 ribu dan skutik NMAX loe siap dibikin lebih empuk suspensi belakangnya, bradsis. Terbilang murah nih di saat uang belum cukup untuk mendapatkan sokbreker aftermarket yang berkualitas..

Alamat Sekre Garage: Jl. Raya Pasar Pejuangan / Kav pejuang no 3 Rt 04 Rw 08, Bekasi. Telp 082210176121.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Arbi
  113 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !