Ikuti Jejak Honda, KTM Siapkan Mesin Big Bang
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
05
Apr
2017

Ikuti Jejak Honda, KTM Siapkan Mesin Big Bang

  8394   0
Ikuti Jejak Honda, KTM Siapkan Mesin Big Bang
Ikuti Jejak Honda, KTM Siapkan Mesin Big Bang

AUSTRIA, ME. Di musim perdananya ini, performa KTM masih belum terlihat begitu menjanjikan, bradsis. Namun, sedikit demi sedikit mulai terlihat perkembangannya. KTM juga kabarnya udah menyiapkan mesin jenis big bang untuk bisa mengejar gap dengan tim pabrikan lainnya..

Sekarang ini, RC16 menggunakan mesin jenis screamer. Pasalnya, mesin tersebut diklaim lebih simple, ringan, dan dapat diandalkan. Tapi, gak ada salahnya juga KTM mencoba eksperimen lain dengan menggunakan mesin big bang.

Hanya KTM yang masih memakai mesin screamer konvensional sejak Honda pindah haluan ke mesin big bang musim ini. Sejauh ini, KTM juga masih bermasalah di tikungan karena power delivery.

"Jika grip rendah, saat keluar tikungan, kami memiliki masalah. Kami sudah mencoba berbagai crankshaft, belum sukses sejauh ini. Kami akan mencoba sekali lagi dan mencari solusinya," ujar Kurt Trieb, selaku desainer mesin KTM.

Kalo solusinya belum ketemu juga, Trieb mulai mikir untuk menggunakan mesin big bang, bradsis. "Kami memilih screamer karena simple, ringan, dan dapat diandalkan. Menurut saya itu bukan pilihan yang salah, karena kami tidak memiliki masalah dalam konstruksinya," ungkap Trieb.

"Sekarang sampai pada titik dimana Anda harus melangkah lebih jauh dan konsep big bang ini harus dipertimbangkan kembali. Kami akan membutuhkan crankshaft dan camshaft yang baru. Sepertinya akan butuh waktu 3 bulan," tuntasnya.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  255 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (43)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !