Jangan Asal Dalam Menggunakan Box Motor
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
22
Apr
2017

Jangan Asal Dalam Menggunakan Box Motor

  2379   0
Ilustrasi motor yang menggunakan box
Ilustrasi motor yang menggunakan box

BEKASI, ME. Brad n sist pecinta touring atau adventure pasti ada yang menggunakan top box (boks belakang) atau side box (boks kanan-kiri) pada motornya. Dalam menggunakan box motor, loe harus perhatikan juga soal ukurannya, agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain..

Karena mau bergaya, beberapa bikers malah terlihat berlebihan dalam pemasangan box. Ada yang terlalu besar, lebih dari tiga, bahkan letak yang membahayakan pengemudi lainnya. “Jangan sekali-kali berlebihan memakai box kalau tidak sesuai dengan motor. Intinya jangan lebay. Karena banyak yang memaksakan penggunaan box. Seperti skuter matik yang pakai box atas, kiri dan kanan besar-besar. ” buka Indra Laksana Riadi owner Sekre Garage & Modified.

Indra menambahkan, setiap motor pastinya memiliki batas beban yang ditopang, begitu juga dengan box. “Untuk ukuran kapasitas box itu tergantung kapasitas mesin sepeda motor itu sendiri. Contohnya, sepeda motor berkapasitas mesin 250 cc, maksimal menggunakan box berkapasitas 31 liter. Sementara untuk motor 650 cc maksimal 37 liter,” jelas Indra.

Dalam hal penempatan, Indra juga memaparkan lebar box tidak melebihi setang. Pasalnya, berbahaya saat menyalip dan dapat menyenggol kendaraan lain. "Box tidak boleh lebih kuat daripada motor. Karena kalau lebih kuat, sasis akan bengkok ketika terjatuh,” kata Indra.

Satu lagi yang harus diperhatikan, ketinggian top box maksimal 30 cm dari permukaan body belakang. Dengan alasan, agar tidak mengganggu saat berkendara dan supaya mendapat keseimbangan, bradsis..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  37 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (50)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !