Pemasangan Crash Bar Bukan Untuk Mencegah, Tetapi Meminimalisir
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
27
Apr
2017

Pemasangan Crash Bar Bukan Untuk Mencegah, Tetapi Meminimalisir

  1981   0
ilustrasi crash bar pada motor adventure
ilustrasi crash bar pada motor adventure

JAKARTA, ME. Brad n sist pecinta adventure pastinya sudah membekali motor dengan aksesori yang terbuat dari besi untuk melindungi motor dari goresan aspal atau yang biasa dikenal dengan crash bar. Namun, salahnya modifikasi malah membuat motor menjadi tambah rusak usai pemasangan aksesori ini saat terjadi crash..

Indra Laksana Riadi owner dari Sekre Garage mengatakan dalam pembuatan aksesori ini tidak bisa sama sama kuat. "Pembuatan besi yang menempel di motor harus ada yang dikalahkan" pungkasnya.

Lebih lanjut, biasanya Sekre Garage mengadopsi besi pipa berukuran 2,2 mm, sedangkan untuk bracket berukuran 2 mm. "Bisa aja crash bar gue bikin kokoh, tetapi pasti sasis yang akan kalah, jadi mau tidak mau crash bar yang dikalahkan dan fungsinya meminimalisir," papar Indra.

Dalam penempatannya, Indra juga menyarankan untuk lebih diperhitungkan, karena jika salah penempatan akibatnya bisa fatal, bradsis. Dalam hal pemilihan crash bar, usahakan hindari dari finishing yang menggunakan dempulan. Pasalnya, di saat terjatuh dempulan akan gompal..

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  33 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (19)
B. Yamaha WR 250 R (50)
C. Viar Cross X 250 SE (34)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !