Hindari Penggunaan Power Charger Saat kondisi Motor Off
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
12
Mei
2017

Hindari Penggunaan Power Charger Saat kondisi Motor Off

  4645   0
Fiture pada all New Honda Scoopy
Fiture pada all New Honda Scoopy

JAKARTA, ME. Beberapa pabrikan sepeda motor sudah mulai menambahkan fitur unggulan untuk motor terbarunya, seperti adanya soket charger untuk smartphone. Umumnya, fitur ini ada pada skutik, seperti All New Honda Scoopy yang juga sudah menggunakan alarm, lampu LED, dan fitur unggulan lainnya..

Dengan aturan lalu lintas yang mewajibkan kendaraan roda dua untuk menyalakan lampu utama pada siang hari, membuat setiap pabrikan menggunakan lampu LED yang diklaim memiliki cahaya lebih terang dengan daya lebih kecil. Begitu juga dengan penggunaan alarm yang pastinya ikut mengambil daya listrik walaupun tidak besar.

Lalu power charger, fitur yang satu ini memang sangat dibutuhkan bagi sebagian bikers sekarang ini. Namun jika salah dalam penggunaannya, tentu dapat merusak aki dan juga smartphone loe, bradsis.

Seperti yang dikatakan Ferdy Sukmawidjaja, General Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), "Power Charger yang hadir di Scoopy sudah menggunakan daya maksimal 12W (12V 1A) disarankan menggunakan dalam kondisi motor on," jelasnya.

Daya ini sudah menjadi standar power charger yang terdapat di kendaraan, bradsis. Tetapi jika loe menggunakan pada saat kondisi motor off, sistem kerja aki tidak seimbang. Dengan kata lain, hanya ada pengeluaran dan tidak ada pemasukan. Tetapi jika dalam kondisi on, aki akan tetap terisi saat power charger digunakan, dan listrik yang masuk ke handphone juga stabil, sehingga baterai menjadi lebih awet.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  72 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !