Optimalkan Kinerja Sokbreker Depan NMAX, Modalnya Cuma 2 Ribu Perak!
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ANEKA TIPS
16
Mei
2017

Optimalkan Kinerja Sokbreker Depan NMAX, Modalnya Cuma 2 Ribu Perak!

  47874   1
Optimalkan Kinerja Sokbreker Depan NMAX, Modalnya Cuma 2 Ribu Perak!
Optimalkan Kinerja Sokbreker Depan NMAX, Modalnya Cuma 2 Ribu Perak!
Sebelah kiri adalah ukuran sokbreker depan sebelum dipasangi koin. Sebelah kanan sudah terpasang. Perbedaannya signifikan!
Sebelah kiri adalah ukuran sokbreker depan sebelum dipasangi koin. Sebelah kanan sudah terpasang. Perbedaannya signifikan!

JAKARTA, ME. Tips yang dikhususkan untuk pengguna Yamaha NMAX ini terbilang ringan untuk urusan kantong. Yup, karena modalnya cukup dengan duit recehan 2 ribu perak (Rp 2.000) saja, bradsis..

Kebanyakan pemilik NMAX fokus dengan sokbreker belakang. Makanya, banyak juga produsen yang menyediakan beragam pilihan untuk menunjang kinerja suspensi belakang. Tapi, bukan berarti kinerja suspensi depan jadi dilupakan.

Apalagi, jika ada yang merasakan keras atau lembutnya sokbreker depan kurang enak, bradsis. Ada baiknya untuk melakukan penyetelan SAG yang merupakan jarak main atau toleransi ketika sokbreker bekerja.

Ternyata caranya gampang, bradsis! "Siapkan cable tie di bagian paling bawah batang sokbreker depan. Terus, naikin motor seperti loe bawa motor sehari-hari. Termasuk perlengkapannya ya. Misalnya, helm dan tas," kata Dhany Ekasaputra," pemilik Yamaha NMAX yang sedang membongkar sok depan NMAX milik salah satu temannya.  

Tahapan ini emang agak sulit karena motor harus dalam keadaan diam, bradsis. "Nah, coba deh minta bantuan teman buat nahan motor sebentar," sahutnya.

Setelah itu, posisikan motor dengan standar tengah. "Cable tie yang bergeser tadi menunjukkan jarak main suspensi. Kemudian ukur menggunakan penggaris dari posisi terbawah sokbreker," lanjut Dhany yang emang doyan ngoprek motor.

FYI, rumus untuk menghitung SAG adaah 0,25 x jarak main suspensi sampai 0,35 x jarak main suspensi. "Jarak main suspensi depan NMAX itu 86 mm. Artinya rentang SAG yang ideal berkisar antara 21,5-30,1 mm," terang Dhany.

Jika kondisinya seperti ini (menunjukkan angka 35 mm), artinya per kurang keras. Telisik punya telisik, ternyata bobot pemilik NMAX yang dibongkar Dhani itu hanya 68 kg.

Saat itu, pilihan utamanya adalah dengan mengganti spring yang lebih keras atau kit untuk mengatur per load. "Tapi, harganya lumayan mahal," katanya. Setelah berpikir sambil merogoh kantung celana, Dhany mengambil sebuah koin seribuan. Di sini tercetus ide untuk mencobanya di NMAX.

"Gue liat, diameternya pas dengan sokbreker NMAX dan enggak ada salahnya mencoba. Setelah terpasang dan diukur lagi, ternyata SAG-nya menjadi 27 mm (SAG ideal 21,5-30,1 mm)," terang Dhany girang. Berarti untuk dua sokbreker cuma butuh Rp 2 ribu saja, bradsis!

"Feedback dari yang punya motor sih oke banget. sokbreker depan NMAX-nya jadi lebih enak dan lebih asik (gak goyang) dibawa nikung. Dia udah pake sebulan lebih dan enggak ada keluhan," bilangnya lagi.

Sebagai penunjangnya, brad n sist bisa pilih oli sokbreker sesuai keinginan. "Karena tingkat kekentalan oli akan berpengaruh dengan compression dan rebound sokbreker. Kalau mau empuk pakai yang 5-10WT. Bisa juga pakai yang speknya 15-20WT kalau mau yang lebih lambat atau keras," pungkas Dhany.

Text: Ary (arydyno@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Ary
  93 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Clobetasol Can I Purchase Website Shop Newark Prix Viagra Generique Keflex Structural Formula generic viagra No Prescription Amoxicillin Cheap Is Zithromax Available In India Donde Puedo Comprar Cytotec
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !