Test Ride All New Honda Scoopy: Kecepatan Tinggi Anteng, Lincah Belah Macet
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TEST
20
Mei
2017

Test Ride All New Honda Scoopy: Kecepatan Tinggi Anteng, Lincah Belah Macet

  3352   1
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy
Test Ride All New Honda Scoopy

JAKARTA, ME. Sudah jajal langsung All New Honda Scoopy yang beberapa waktu lalu diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), bradsis? Kalo belum sempat ngerasain, tim ME akan kasih gambaran gimana rasanya menunggangi matik anyar yang dibanderol Rp 17,8 (OTR Jakarta) ini.

Area pengetesan yang dilakukan tester ME adalah jalur perkotaan Jakarta dan sekitarnya. Start dari kantor ME di bilangan Ciledug, Tangerang, berkeliling Jakarta hingga ke daerah Pulo Gadung dan Depok, Jabar.

Kondisi medan yang dilalui cukup komplek brad n sist, karena ketemu banyak lampu merah sehingga mesin mesti stop and go, jalanan macet juga tak terelakkan. Enggak ketinggalan, medan naik turun hingga jalanan rusak maupun bergelombang, juga dirasakan lagsung oleh tester ME berpostur tinggi 175 cm dan berat 75 kg.

Handling

All New Honda Scoopy mengandalkan kaki-kaki baru, yakni pelek 12 inci yang dibalut ban depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12. Profil ban agak tinggi, sehingga lingkar luar ban hampir sama dengan memakai ban diameter 14 inci.

Scoopy anyar berkelir sporty black ini dipacu hingga 90 km/jam di flay over Casablanca (Jl. Layang Non tol Kampung Melayu-Tanah Abang) tetap anteng brad n sist. Enggak ada gejala melayang, meski terpaan angin di jalan ini cukup kencang.

Meski tapak ban depan lebih lebar dari generasi sebelumnya, matik dengan dimensi panjang x  lebar x tinggi = 1.847 x 686 x 1.061 mm, serta jarak sumbu rodanya 1.257 mm ini, setangnya tetap mudah dikendalikan maupun diajak bermanuver.

Selain itu, All New Honda Scoopy yang memiliki jarak terendah ke tanah sebesar 143 mm ini, membuat dek bawah enggak gampang mentok ke aspal saat melibas jalanan rusak maupun bergelombang.

Performa

Berkapasitas ruang bakar 108,2 cc yang mampu memuntahkan tenaga 8,918 HP/ 7.500 rpm dan torsi 9,4 Nm / 6.000 rpm, All New Honda Scoopy ini sanggup mencapai top speed 115 km/jam, saat digeber di Jl. Tentara Pelajar (pinggir rel kereta api Patal Senayan arah Stasiun Pal Merah). Sayang untuk mencapai top speed tersebut, waktunya agak lama sehingga butuh trek yang cukup panjang.

Tapi brad n sist enggak usah khawatir soal akselerasinya seperti apa. Untuk stop and go di jalanan Jakarta, tetap mumpuni kok. Putaran bawahnya tetap responsif, seperti Scoopy generasi sebelumnya. Diajak membelah kemacetan di daerah Cipulir, Pejompongan, Pancoran maupun jalanan lain yang rawan macet, tetap lincah dan gesit brad n sist.

Konsumsi BBM

Cara riding tester ME, enggak mematok kecepatannya mentok berapa kilometer per jam, brad n sist, melainkan seperti riders pada umumnya naik motor. Lebih tepatnya mengikuti irama dan kondisi jalan raya yang dilewati. Kalo jalanan macet, ya pelan, sebaliknya kalo pas longgar, tester langsung bejek gas.

Nah, dari hasil pengetesan tercatat 1 liter Pertamax, mampu menempuh jarak 45,5 km. Dengan metode pengisian bensin full to full dan posisi ISS (Idling Stop System) aktif.

Text: banar (bhandhes_79@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: banar
  47 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Flonase online pharmacy Cheapest Strongest Viagra
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !