Modifikasi Yamaha V-Ixion 2013: Tinggalin Musuhnya Sekebon
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-MODIFIKASI
27
Mei
2017

Modifikasi Yamaha V-Ixion 2013: Tinggalin Musuhnya Sekebon

  68357   0

SENTUL, ME. Ibarat Dani Pedrosa lagi balapan di sirkuit Jerez, Spanyol, yang ninggalin lawannya sekebon alias jauh di belakangnya. Seperti halnya, Nur Deki Ristan, pebalap dari HBM Xtreme Proliner SYS ANR Racing Team saat bertarung di event E-Event, Sentul International Circuit, Bogor (07/05), beberapa waktu lalu..

Yamaha V-Ixion yang digeber pria asal Tasikmalaya dari awal besutannya sudah meninggalkan musuh. Pasalnya, di kelas Sport 4 tak lawannya cukup tangguh dan berat meskipun Pemula. Dengan itu, setingan mesin juga kudu jos gandons dan meninggalkan pebalap lain.

"Walaupun kelas Pemula, tapi mesinnya gahar-gahar. Selain itu, jam terbangnya juga sudah lumayan banyak, jadi harus punya jurus jitu, dan cari seting yang pas biar bisa ninggalin dan dapat podium," buka Alif Kurniawan, selaku owner team tersebut.

Gak disangka, tunggangan yang lahir ditahun 2013 bisa berlari jauh dan berakhir dengan yang manis. Wah, dah kayak puasa aja, bradsis. Jadi, pengen tahu isi nih sama si Vixi yang mentereng. Isinya pake toge sama sayuran gak ya? Itu mah gorengan, brader.

Yang utama kapasitas mesin vixi mentereng ini dijejalkan diameter seher 63 mm, guna mengimbangi Yamaha Scorpio yang juga ikutan turun digelaran tersebut. Alhasil, volume naik menjadi 182 cc yang dipadukan head silinder SND. Karena naik cc, maka pengatur diruang bakar menjadi optimal dengan bantuan noken as dan klep produk Uma Racing.

Kebutuhan pasokan bahan bakar diruang bakar terpenuhi dengan diaplikasikannya throttle body merek SYS venturi 33 mm. Komponen tersebut dipadukan injektor label DK racing yang punya 10 lubang 160cc. "Pemilihan injektor itu menyesuaikan dengan karakter sirkuit Sentul yang butuh napas panjang dan setingan atas gak kekeringan," sambung pria ramah ini yang pake knalpot Proliner TR1 Kompetisi.

Setingan tersebut gak ada gejalan brebet atau ngurut grip gas, karena sistem pengapiannya menggunakan aki, busi dan ECU label Daytona. Sehingga napas V-Ixion tersebut gak ada habisnya hingga memasuki R1 atau tikungan pertama. "Sebenarnya, ini belum digas pol. Karena lawannya jauh dibelakang, jadi buka gas setengah aja. Sekaligus menjaga mesin awet," ungkap Deki, sapaan akrabnya.

Begitu juga pada setingan gir set label Xtreme Sprocket dengan ukuran 15/45 dan ketebalan rantai 415 membuat masuk dan keluar tikungan sangat pas dengan gaya balap Deki. Untuk suspensi depan cukup di custom agar rebound-nya gak terlalu empuk dan belakang pake monosok RCB.

Mantab jiwa, brader!

Pesan Inspiratif: Mencari setingan yang pas itu butuh waktu yang cukup agar bisa maksimal dalam balapannya.

Saran Tim ME: besutan sudah cukup kencang, tinggal bodi dirapihkan lagi

Penilaian Tim ME: (*9) Mantaff, next event gas pol lagi

Data Modifikasi:

Seher: 63 mm, head silinder: SND, noken as: Uma Racing, klep: Uma Racing, aki: Daytona, busi: Daytona, ECU: Daytona, throttle bodi: SYS 33 mm, knalpot: Pro Liner TR1 Kompetisi, gir set: XTreme Sprocket, injektor: Daytona, monosok: RCB, pelek: Rossi.

Bengkel: ANR Motor, Jl. Kebun Jeruk 9, No. 1, Maphar Taman Sari, Jakbar. Telp: 0813-11238818. team : HBM Xtreme Proliner SYS ANR Racing Team.

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  694 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !