Sesuaikan Tekanan Angin dengan Berat Barang Bawaan Saat Mudik
GM Juli 2015
SSS chain
Jakarta Custom Culture 2017
ME-TIPS
16
Jun
2017

Sesuaikan Tekanan Angin dengan Berat Barang Bawaan Saat Mudik

  2695   0

JAKARTA, ME. Seolah faktor keselamatan tidak dipedulikan beberapa pemudik yang masih membawa banyak barang saat mudik menggunakan motor, bradsis. Padahal, setiap motor hanya dibuat untuk membawa satu penumpang, tapi kenyataannya di musim mudik ini selain membonceng satu orang bahkan lebih, pada bagian depan dan belakang juga digunakan untuk membawa barang seperti mau pindahan..

Tumpuan yang harus loe perhatikan di saat membawa barang yang lebih berat adalah tekanan angin pada ban. Pasalnya, beban yang berlebihan pada motor akan mempengaruhi bentuk ban saat dikendarai. Jika tekanan angin kurang, maka ban tidak akan menapak sempurna, sehingga motor tidak stabil dan akan berpengaruh saat bermanuver.

“Fungsi utama ban adalah menahan beban, jadi semakin banyak barang bawaan, semakin berat pula bebannya. Tapak ban akan maksimal jika (diberi) tekanan angin maksimal, akan berbahaya kalau manuver dengan tapak ban tidak sempurna. Untuk itu, saya sarankan memberikan tekanan angin tiga sampai empat psi lebih besar dari standar,” jelas Arijanto Notoraharjo, selaku Executive Vice President Marketing & Sales Replacement MC PT Gajah Tunggal Tbk.

Ari memberi contoh, "Misal ukuran ban standar 70/90 tekanan angin 26 sampai 28 psi tidak masalah diisi lebih besar, kalau 80 psi baru akan meledak." Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa penggantian ban motor dengan ukuran lebih besar tidak akan berpengaruh banyak pada kestabilan motor untuk membawa banyak muatan.

“Motor itu berbeda dengan mobil, karena hanya pakai dua ban, keseimbangan berbeda dengan mobil. Jadi, kalau ganti ban lebih lebar pun tidak berpengaruh banyak. Kalau boleh memberi saran, jangan berboncengan lebih dari dua orang. Cukup dua orang plus muatan barang,” tutup Ari.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Dok. ME
  52 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !