Modifikasi Honda Sonic 150R: Kaki Masih Patah Bisa Juara Pertama
GM Juli 2015
SSS chain
Jakarta Custom Culture 2017
ME-MODIFIKASI
03
Jul
2017

Modifikasi Honda Sonic 150R: Kaki Masih Patah Bisa Juara Pertama

  6023   0

SENTUL, ME. Biasanya di bulan Puasa atau Ramadhan, event balap jarang diadakan. Namun, kini ada beberapa penyelenggara yang membuat event balap road race. Seperti halnya road race yang bertajuk FSCM Ramadhan Fun Race 2017 ini (11/06).  Selain itu, juga menghindari hal-hal yang negatif selama balapan resmi libur.

Alhasil, para pebalap pemula atau seeded bisa berlatih sekaligus unjuk gigi bersama besutan dan teamnya masing-masing. Kayak Danny Keder yang bejek Honda Sonic dari GCRT FDR NHK asal Subang, Jabar. Padahal, joki tersebut lagi cidera kaki alias patah di tulang paha kanan loh, bradsis. Waduh!

“Iya, brader! Habis tangan sudah gatel pengen ngegas motor. Jadi, pas kebetulan di bulan Puasa ini ada event, coba ikutan balap sekaligus latihan. Karena selama pemulihan 7 bulan itu di rumah aja,” papar Danny, yang jalannya masih pincang alias tertatih.

Yang uniknya lagi, besutan yang turun balap Fun Race FSCM ini ternyata spek buat ikut kelas MP3, tapi Sonic 2017 itu bisa juara pertama di kelas Bebek 4T 150 cc Open alias MP1. Ditambah lagi kondisi joki, masih cidera atau masa pemulihan.

Spek mesinnya dari motor MP3 itu pake seher, magnet dan klep standar. Namun komponen lainnya boleh di-upgrade. Seperti, noken as bawaan yang di-custom dengan durasi 272 derajat. Lalu, throttle bodi orisinalnya di-reamer menjadi 32 mm yang awalnya 30 mm. Karena butuh derasnya asupan bahan bakar, maka injektor pake yang punya kapasitas semburannya 210 cc.

Tentu dengan ubahan itu, ECU aRacer Super kudu maping ulang. Karena bermain di sirkuit Karting Sentul setingan otak pengapian tersebut dibikin basah. “Buat main amannya, setingan dibasahin dan didapat AFR-nya 11.9, dan kita pasangin juga data logger Mychrons guna mengetahui kebutuhan dari pebalapnya,” papar Ferry Zevana, mekanik GCRT FDR NHK.

Ubahan terebut diimbangi sama saluran gas buang yang berlabel RCB. Namun, knalpot free flow itu di custom lagi. Yakni, glasswool di silencer knalpot dikurangi. Tujuannya, biar gas buangnya lebih plong. Sedangkan kaki-kaki depan dicustom agar rebound lebih soft dan belakangnya pakai sok RCB model Tabung. Hitungan akhir pada gear set SSS yang berukuran 14-48.

Cepat sembuh ya, brader..

Pesan Inspiratif: namanya pebalap nasional, kalo sudah kangen balap. Dalam kondisi apapun juga tetap digas tuh motor dan gak pantang menyerah

Saran Tim ME: Jangan terlalu dipaksain kalo kondisi belum pulih. Semoga lekas sembuh Danny Keder.

Penilaian Tim ME: (*9) Mantaff, gas pol teruuss..

Data Modifikasi:
Seher: standar, throttle bodi: reamer 32 mm, injektor: aftermarket 210 cc, noken as: custom, knalpot: RCB custom, per klep: custom, per kopling: B-Pro, data logger: Mychrons, ECU: aRacer, gear set: SSS (14-48)

Tim : GCRT FDR NHK

Text: Teguh (teguh_028@yahoo.co.id),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Teguh
  108 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !