Air Jadi Penyebab Mesin Honda Vario 125 Bolong
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
04
Jul
2017

Air Jadi Penyebab Mesin Honda Vario 125 Bolong

  4714   0

JAKARTA, ME. Bolongnya mesin Honda Vario 125 berhasil membuat geger penghuni forum media sosial, bradsis. Enggak heran jika banyak yang menanyakan sebab dan akibat dari kejadian, bahkan ada juga yang langsung bertanya masalah klaim asuransi ke Honda. Banyak penyebab dari kejadian ini, salah satunya yaitu masuknya air ke ruang bakar.

Wahyu, Kepala Mekanik AHASS 0999 Daya Adicipta Motora (DAM), merespon kejadian bolongnya mesin motor Vario 125. Menurutnya, kejadian ini sudah beberapa kali ditemukan pada motor Honda Vario generasi ke-3 (Vario 125 FI (2012-2015). "Untuk generasi terbaru belum pernah menemukan kejadian bolong mesin, tetapi di generasi sebelumnya sudah ada, dan itu murni karena kesalahan konsumen," jelas Wahyu.

Kesalahan yang dimaksud yaitu karena konsumen yang menerobos banjir, sehingga air masuk ke dalam mesin pembakaran. Usai melihat gambar yang bereedar, Wahyu mengatakan, "Itu kasusnya mirip water hammer pada generasi yang sebelumnya, seperti yang saya bilang."

"Itu sebetulnya bukan keropos, tapi kena benturan dari dalam akibat bantingan setang seher yang rotasinya tidak bener, tetapi kita harus pastikan lagi apakah terdapat air di keseluruhan komponen mesin," tambahnya.

Prediksi kedua, "Harus dipastikan kondisi piston dan dinding silinder keausannya dan pelumasannya normal atau tidak, bisa aja nge-jam tapi karena gaya sentrifugal mesin cukup kencang, jadi setang seher ngebanting ke crankcase," tambah Kang Enday, sapaan akrabnya di IG live Always Honda.

Bahaya banget kalo sampe kejadian, bradsis. Lebih sangat disarankan di saat loe menerobos banjir ada baiknya mengira atau mengukur genangan air terlebih dahulu jangan sampai air menyentuh atau melebihi tinggi mesin!

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Donnyantoro,
Photo: Istimewa
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !