Lakukan 4 Ritual Ini, Kelistrikan Tunggangan Dijamin Aman
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
PERAWATAN
10
Jul
2017

Lakukan 4 Ritual Ini, Kelistrikan Tunggangan Dijamin Aman

  2104   0

JAKARTA, ME. Beberapa fitur terbaru pada motor, sangat tergantung dengan kelistrikan dari aki bradsis.  Jadi ritual pengecekan dan pemeriksaan aki tidak bisa diabaikan, bahkan enggak dilakukan sama sekali. Karena kalo hal ini terjadi, akan mengganggu kinerja kelistrikan tunggangan yang berujung tunggangan bermasalah di tengah jalan.

Sebelum memeriksa kualitas aki motor loe, ada baiknya bersihkan dulu debu dan kotoran yang menempel di aki. Kemudian cek secara visual apakah ada keretakan atau tidak, jika ada keretakan langsung ganti bradsis.

Berikut beberapa ritual yang bisa bikin kelistrikan tunggangan loe aman, lancar anti ngadat;

1. Periksa bagian kabel dan terminal. Bila berkerak, cukup menggosoknya menggunakan sikat kawat, agar arus listrik dari aki ke kelistrikan tersalur dengan optimal

2. Untuk aki tipe basah, periksa ketinggian permukaan air akinya. Air aki akan menurun ketika digunakan, brad n sist. Jika baterai digunakan secara terus menerus dengan tinggi permukaan elektrolit yang rendah, maka kinerja baterai akan rusak atau terbakar bahkan bisa meledak. Jadi loe wajib perhatikan batasan bawah dan atas, biasanya di setiap aki basah ada petunjuk di dinding aki loh.

3. Kalo loe menggunakan aki basah, jangan lupa cek selang pernafasan aki brad n sis. Pastikan saluran tidak tersumbat serta pembuangannya enggak mengenai bagian rangka atau part tunggangan, karena akan merusak bagian tersebut

4. Bagi yang memakai aki kering, cek secara rutin voltase baterai. Kondisi normal, voltasenya 12,4 v. Jika dibawah itu, langsung loe charge deh bradsis, usai disetrum diamkan baterai selama 30 menit dan bisa loe ukur  kembali voltasenya.

Mudah kan bradsis, ngga pake repot dan bisa loe praktekan saat liburan di rumah.

Text: arbi.motorexpertz@gmail.com,
Text editor: Banar,
Photo: Dok. ME
  21 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !