Pangkas Pengguna Motor Saat Mudik Tahun Depan, Menhub Punya Ide Sewakan Motor
GM Juli 2015
SSS chain
Jakarta Custom Culture 2017
ME-REVIEW
13
Jul
2017

Pangkas Pengguna Motor Saat Mudik Tahun Depan, Menhub Punya Ide Sewakan Motor

  2445   0

JAKARTA, ME. Tahun depan kemenhub punya ide untuk menurunkan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor loh bradsis. Hal ini untuk menekan angka kecelakan, walaupun jumlahnya lebih sedikit dari tahun 2016 lalu. Petugas akan terus berupaya hingga jumlah 0% pastinya.

Lagi lagi kesadaran dari masing masing individu yang seharusnya berperan besar, namun sepertinya sulit ya bradsis. Pada acara diskusi media Forum Merdeka Barat 9 yang digagas Kominfo bersama Kantor Staf Presiden, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan upaya penanggulangan di tahun depan, bradsis.

Untuk di udara, Menhub akan memaksimalkan penggunaan pesawat berbadan lebar dan pengurangan beban kapasitas Bandara Soekarno Hatta dengan mengurangi jadwal transit dari satu kota menuju kota lainnya. Di Sektor laut kapal Roro akan di optimalkan.

Di sektor perkeretaapian, Menhub mengatakan akan mengoptimalkan sistem persinyalan kereta untuk mengurangi headway antar kereta, sehingga dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta. Untuk angkutan bus, revitalisasi masih menjadi langkah di tahun depan supaya peminat kembali meningkat.

Kemenhub juga akan berupaya memberikan yang terbaik untuk pengguna sepeda motor, Selain menambah kapasitas angkutan umum agar pemudik sepeda motor dapat beralih ke angkutan umum, Menhub Budi juga memiliki ide untuk menyediakan penyewaan sepeda motor di tempat tujuan yang dapat digunakan pemudik saat turun dari angkutan umum.

"Misalnya dari Jakarta ikut mudik gratis atau naik angkutan umum. Sampai daerah tujuan bisa menyewa sepeda motor. Upaya-upaya ini diharapkan pemudik sepeda motor akan pindah menggunakan angkutan umum. Insyaallah kalau angkutan umum semakin baik pasti akan pindah," pungkasnya.

Kira kira langkah ini bakal menjadi solusi ngga ya bradsis, pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika langkah ini diterapkan, pasalnya tiket kendaraan umum yang mahal dan susah di dapat masih menjadi salah satu alasan pemudik yang menggunakan motor.

Text: arbi.motorexpertz@gmail.com,
Text editor: Banar (bhandhes.79@gmail.com),
Photo: Dok. ME & Istimewa
  83 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !