Berkat Chatting, Suzuki Satria Injeksi Ini Finish Kedua
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-MODIFIKASI
20
Jul
2017

Berkat Chatting, Suzuki Satria Injeksi Ini Finish Kedua

  27287   0

Bekasi, ME. Kalo sudah niat balap, segala sesuatunya pasti sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, bradsis. Namun yang dialami Agus Agsuno, mekanik Z-Line APITech Geheng Racing Team ini sebaliknya. Suzuki Satria FU FI yang dipercaya untuk digarapnya berhasil finish kedua, meski proses pengerjaannya dadakan.

"Gimana enggak dadakan brad n sis, gua dikasih motor pas besoknya sudah mau balap. Tapi agar bisa lebih ngacir, segala kemampuan gua kerahkan. Alhasil berhasil finish kedua di Event FSCM Ramadhan Fun Race Kaka Motor Bekasi, bulan Ramadhan kemarin," ucapnya.

Masih kisah Agus. "Tadinya mau balapan pake motor skutik yang sudah ready dan siap gas. Tapi pas datang ke bengkel gak tahunya malah Suzuki Satria 150 Fu Fi, mana gak ada barang racingnya lagi. Mau gak mau kudu cari sampe dapet malam itu juga,” cerita mekanik yang juga owner team.

Meski waktu pengerjaan hanya tinggal beberapa jam lagi, pria ramah ini mengandalkan dengan spek mesin standar ting-ting. Namjun ada beberapa komponen sih yang di custom dan upgrade. Kayak peranti yang mengatur masuk dan buang pembakaran di  silinder head, dicustom. 

“Karena anak buah lupa buat nge-Top-in setingan, alhasil noken as perlu dial ulang. Dari proses itu didapat tinggi lift in 22 derajat, sedangkan ex tetap hitungan standar FU FI (17 derajat),” ungkap pria akrab disapa Toge.

Pengerjaan berikutnya, pada otak pengapian alias ECU. Toge agak bingung soal part ini, karena belum banyak versi aftermarketnya. Gak mau putus asa, doi mencoba konsultasi dengan Benny Rachmawan, bagian R&D TDR melalui pesan singkat (chatting). Alhasil, diberikan masukan  pakai piggyback TDR IFA.

“Nah, ini jadi Peer buat gue. Yakni, wiring Satria injeksi belum punya. Terpaksa chatting lagi ke temen-temen bengkel. Ketemulah sama Barn Shop yang mau kasih wiring buat dipelajarin dan disambung sama IFA itu. Setelah ketemu jalur dari wiring tersebut langsung colok. Cari setingannya langsung di trek,” imbuh pria yang bermukim di daerah Jati Cempaka, Bekasi, Jabar.

Karena spek mesin gak terlalu ekstrem, knalpot pakai Black Devil tipe SS Evo dan setingan gear set ukuran 44-14 merek SSS. Sedang urusan kaki-kaki mengaplikasikan sok depan YSS custom dan belakangnya KTC.


Pesan Inspiratif: Nah, ini bisa menjadi pelajaran buat tim balap, untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari, biar motor bisa lebih maksimal.

Saran Tim ME: Mungkin kalo di prepare jauh-jauh hari, bisa dapat juara pertama.

Penilaian Tim ME: (9*): Mantaff, congrat’s brader!

Note: (1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren, (9*): Mantaff, (10*): Dahsyat

Data Modifikasi:
Ban : FDR, 90/80-17, Sok depan : YSS custom, sok belakang : KTC, kampas kopling: TDR, per kopling : custom, piggyback : TDR IFA, knalpot : Bkack Devil SS Evo, gear set: SSS, 44-14.

Z-Line APITech Geheng Racing Team: 0838-98625691
 

Text: Teguh,
Text editor: Banar (bhandhes.79@gmail.com),
Photo: Teguh
  56 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !