Enggak Perlu Ke Bengkel, Tapi Kalo Lalai Cek 3 Cairan Ini Bakal Berbuah Petaka
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
03
Ags
2017

Enggak Perlu Ke Bengkel, Tapi Kalo Lalai Cek 3 Cairan Ini Bakal Berbuah Petaka

  3542   1

Jakarta, ME. Akhir pekan lalu, bradsis, liburan ke luar kota? Jangan sampai lupa buat mengecek kondisi besutan kesayangan ya, biar gak ada istilah kehabisan oli, air radiator kering maupun minyak rem  kosong.

Kenapa ketiga cairan tersebut wajib dicek mapun diperiksa? Karena ketiganya sangat vital pada tunggangan. Bila lalai cek salah stau dari ketiga cairan tersebut, dijamin bakal terjadi petaka pada tunggangan. Dipastikan tunggangan bakal ngadat dan kerusakannya bisa merembet ke komponen lain.

Nah untuk mengecek atau mengetahui kondisi 3 cairan ini, bradsis enggak perlu gelandang tunggangan ke bengkel langganan. Pasalnya pengecekan ini bisa dilakukan sendiri sebelum berangkat maupun sepulang kerja. Selain hemat biaya, juga menambah pengetahun .

Oli mesin & gardan
Cara mengeceknya gampang banget, bradsis. Pada mesin sebelah kanan, tinggal membuka dipstik dari tutup oli mesin. Jangan lupa motor harus rata atau distandar tengah. Trus, lihat  level yang tertera, posisinya ada di lower atau upper? Dan pastikan warna oli sudah hitam atau belum? Kalo hitam, segera diganti baru.

“Lebih baik segera diganti, agar kondisi komponen dalam mesin lebih awet dan terjaga. Begitu juga buat ngecek kondisi oli rasio atau gardan. Caranya dengan membuka sedikit baut penutup oli gardan sembari lihat warna pelumas tersebut. Paling minim pergantian oli sekitar 2 bulan atau 2.000 km,” wanti Oky Adityawan, mekanik Sinthink Garage.

Radiator coolant
Tunggangan ada dua tipe pendingin mesin, berpendingin udara dan ada yang pake liquid atau cairan radiator coolant. Nah, fungsi air coolant itu sebagai pendinginan mesin yang tepatnya di bagian blok. Untuk pengecekannya simpel banget, cuma diintip aja level ketinggiannya, pasti semua motor ada.

“Posisi normal coolant harus berada digaris lower dan upper. Kalo air coolant itu berada dibawah lower, segera ditambah, bradsis. Biar gak gampang overheat besutan kesayangannya,” tambah pria ngepos di daerah Pejaten, Jaksel.

Minyak rem
Cairan ini jangan dianggap remeh, bradsis. Kalo ketebalan kampas rem sudah mulai menipis atau mau habis, minyak rem yang berada di master rem tersebut juga akan turun alias berkurang. Makanya, jangan sampai lupa buat mengecek batas pelumas tersebut dan jika cairan tersebut mendekati atau lebih rendah dari batas lower, berarti kampas rem waktunya ganti baru.

Kalo kampas rem masih tebal, ada kemungkinan terjadi kebocoran. Baik itu di stut master, kaliper rem, slang rem, atau sil piston di kaliper. “Usahakan minyak rem jangan ditambah, tapi baiknya dikuras atau ganti baru. Karena senyawa oli lama dan baru berbeda, dan bisa membuat kinerja pelumas tersebut gak maksimal,” papar Herry Wahyudi, Leader Instrctur Devendsive Riding Rifat Drive Labs (RDL).

 

Text: Teguh,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh
  69 Votes

Artikel Terkait

Komentar Anda
Guest
Finasteride Costi Propecia Kamagra Oral Jelly Srbija generic levitra online pharmacy Kamagra Oral Jelly
CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !