Komunitas VEC Beberkan Kekurangan Viar Q1
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-REVIEW
10
Ags
2017

Komunitas VEC Beberkan Kekurangan Viar Q1

  1122   0

JAKARTA, ME. Dimana ada kelebihan pastinya ada juga kekurangan bradsis, pasalnya kesempurnaan hanyalah milik sang pencipta. Enggak menutup kemungkinan dengan motor listrik Viar Q1 produk PT. Triangle Motorindo  Motor ini bradsis. Karena juga diciptakan oleh alat dan tangan manusia, pastinya memiliki kekurangan.

Dalam acara penyerahan STNK kepada konsumen, Viar juga langsung mengukuhkan komunitas yang kini memiliki member sebanyak 20 orang. Beberapa kelebihan skuter listrik ini dijabarkan oleh produsen dan konsumen, namun ada juga beberapa kekurangan yang diungkapkan.

Bambang Sumitro, yang kini menjadi ketua Viar E-Motor Community (VEC) menjabarkan beberapa kelebihan motor listrik Viar Q1. Diantaranya; enteng, mudah dalam perawatan karena tidak perlu mengganti oli dan part seperti motor matik pada umumnya, dan yang terakhir bisa lebih irit pengisiannya. "Dalam pengisian baterai, motor ini hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 3 ribu, pengisian dari baterai kosong hingga full," jelasnya.

Skuter listrik ini menyokong kapasitas baterai sebesar 2 kWh, yang mampu dibawa jalan hingga 70 km dalam sekali pengisian. Hal ini menandakan baterai tersebut memberikan jarak tempuh hingga 35 km untuk setiap 1 kWh. Sebagai gambaran, tarif per kWh untuk listrik rumah adalah Rp 1.467,28. Dan itu artinya pengisian Viar Q1 saat baterai kosong hingga full dengan kurun waktu pengecasan 5 - 7 jam harus mengeluarkan uang kurang dari Rp 3 ribu, bradsis.

Hal ini dipertegas oleh Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo. "Angkanya kurang lebih Rp 3 ribu, jumlah per 1 kWh Rp 1,5 ribu dan motor ini kapasitasnya 2 kWh".

Cukup bersahabat di kantong ya bradsis, tapi jangan seneng dulu, motor listrik ini juga masih ada kekurangan bahkan konsumen Viar Q1 berharap adanya pengembangan produk. "Motor ini seperti hantu karena tidak memiliki suara, jadi harus berhati-hati. Saat menggunakan, lampu LED harus dinyalakan dan klakson harus dibunyikan," beber Bambang.

Bambang juga berharap, agar kapastitas baterai bisa lebih besar supaya jarak tempuh bisa lebih jauh dan body bisa lebih besar guna mendapatkan kesan elegant. Nah, untuk loe yang berminat Viar Q1 di jual dengan harga Rp 16,2 juta dengan 2 pilihan warna, hitam dan putih bradsis.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Arbi
  21 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (35)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !