Hindari Helm Modular, Pilih Double Visor Di Luar
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
14
Ags
2017

Hindari Helm Modular, Pilih Double Visor Di Luar

  2946   0
Pilih helm
Pilih helm

JAKARTA, ME. Dalam berkendara, hanya modal performa motor yang prima saja tidak cukup, bradsis. Banyak hal yang mesti dilengkapi terkait soal keamanan dan keselamatan. Salah satunya kualitas dan desain helm yang dikenakan wajib memenuhi standar baku.

“Memakai  helm itu bukan hanya demi taat peraturan undang-undang lalu lintas saja brad n sis, apalagi hanya sebatas model. Desain, bahan pembuat dan kualitas helm juga harus digenapi,” ujar Ifand, desainer helm dari AHRS.

Irwan, Supervisor Cargloss Divisi Arai juga mengatakan, bahwa poin utama yang wajib dicermati saat memilih helm yaitu helm harus sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). “Yang paling penting, pilihlah helm full face ketimbang model half face.”

Saat ini masih ada pengendara yang mengenakan helm ¾ face atau model cetok. Hel seperti itu tidak dianjurkan. Sebab tidak memberikan perlindungan pada bagian tulang rahang, serta bagian tulang belakang kepala hanya setengahnya saja yang dilindungi. “Helm open face sebenarnya sudah memenuhi standar keamanan, tapi lebih bagus dan lebih disarankan pakai model full face,” imbuhnya.

 Lantas bagaimana dengan bentuk fisiknya atau penampilannya?  “Arai mewajibkan bentuk helm itu bulat, tidak boleh ada siku atau tonjolan di bagian shell atau batok. Boleh ada tonjolan, tapi itu sebatas lubang ventilasi yang dibuat dari bahan yang tidak keras,” yakin Irwan.

Syarat lain? Irwan menjelaskan soal bobot standar helm berkisar antara 1 – 2 kilogram. Helm dilengkapi dengan visor atau kaca dengan ketebalan 2 – 3 mm agar tidak mudah pecah.

Jika Bradsis ingin membeli helm dengan double visor, Irwan menyarankan supaya memilih double visor yang posisinya berada di luar, bukan di bagian dalam helm. Hal ini bertujuan untuk mengindari jarak ke styrofoam, karena jika ada jarak bisa berbahaya bila terkena benturan.

Berikutnya masih soal model. Bradsis sebaiknya menghindari jatuh cinta kepada helm model modular. Itu, lho helm full face yang bagian depannya bisa dibuka. Helm jenis ini berbahaya. Ketika terkena benturan dan bagian depannya terlepas, dagu pengendara dapat mengalami cedera.

Kemudian di bagian luar helm pilih shell atau batok yang keras. Bagian dalamnya dilapisi dengan styrofoam sebagai peredam benturan.

 

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Teguh Choya
  51 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !