Tiga Langkah Rawat Cutting Sticker Agar Bertahan Tahunan
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
22
Ags
2017

Tiga Langkah Rawat Cutting Sticker Agar Bertahan Tahunan

  1769   0
Rawat Custting sticker
Rawat Custting sticker

JAKARTA, ME. Membalut sepeda motor dengan cutting sticker memang bisa membuat kendaraan menjadi kece. Namun cutting sticker juga punya usia pakai bradsis, makanya agar bisa berumur panjang, harus dipelihara secara baik.

Usia pakai cutting sticker biasanya berkisar sekitar 3 tahun. Selepas itu, brad n sis harus segera menggantinya. Warnanya telah memudar, kondisinya pun sudah tidak bagus. Lantas bagaimana tips perawatannya? Tiap jenis cutting sticker membutuhkan cara perawatan yang berbeda.

Berikut 3 langkah rawat cutting sticker biar bertahan hingga tahunan;

Jangan dipoles
Cutting sticker berwarna dof tidak boleh dipoles dengan cairan wax mapupun compound. Cutting sticke seperti ini cukup dicuci dengan menggunakan shampo ber pH seimbang. Setelah itu dibilas dengan air. Kemudian dilap menggunakan kanebo atau lap micro fibre supaya lapisan stiker tidak tergores.

Wax dan compund bisa membuat warna stiker berubah, warna doff tergerus oleh wax sehingga bisa menjadi belang-belang.

Cuci setalah mandi hujan
Perawatan lain yang wajib dilakukan yaitu bradsis wajib mencuci sepeda motor usai diguyur hujan. Untuk wraping doff, cukup dibilas menggunakan air hangat. Sedangkan untuk stiker atau decal mengkilap, bisa menggunakan cairan wax usai dilap kering.

Jangan disteam
Sepeda motor yang sudah dilapisi dengan cutting sticker sebaiknya tidak disemprot dengan air bertekanan terlalu tinggi. Hal tersebut terutama untuk bagian-bagian yang stiker tidak terlalu lengket. Penyemprotan yang terlalu kencang bisa mengakibatkan stiker menjadi mudah terkelupas.

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  42 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !