Lima Langkah Deteksi Knalpot 4 Tak Keluar Asap
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
23
Ags
2017

Lima Langkah Deteksi Knalpot 4 Tak Keluar Asap

  3810   0
Knalpot 4 Tak  Berasap
Knalpot 4 Tak Berasap

JAKARTA, ME. Kondisi normal motor 4 tak tidak akan mengeluarkan asap dari lubang knalpotnya, bradsis. Namun karena beberapa hal, asap akan kian menggumpal ketika gas di geber bak petugas fogging.

Katup dan piston bermasalah sering memicu motor menjadi berasap. Bukan hanya itu, beragam kondisi buruk pada berbagai ‘organ’ kendaraa juga bisa memicu hal serupa.  Nah, bradsis sebenarnya bisa mendeteksi ketidak beresan tersebut hanya melalui warna asap, tanpa harus membongkarnya.

Berikut 5 langkah deteksi pemicu keluarnya asap dari knalpot 4 tak;

Karburator
Asap hitam (abu-abu) biasanya mengindikasikan saringan udara kotor, tersumbat atau setelan bensin pada karburator terlalu besar. Hal ini dibarengi dengan bau asap enggak menyengat dan bikin pening. Saringan udara yang tersumbat juga memicu  hilangnya daya pada motor.

Radiator
Untuk motor yang dilengkapi dengan pendingin cairan atau radiator, yang perlu diwaspadai yaitu kebocoran coolant. Jika cairan pendingin merembes ke dalam mesin, asap putih akan terlihat mengepul dari knalpot. Pembakaran  tidak sempurna karena busi basah terkena bocoran pendingin. Kerusakan di bagian gasket cylinder head, serta paking yang rusak bisa mengakibatkan hal ini. Bradsisi akan melihat gelembung-gelembung udara pada cairan pendingin.

Ring piston
Knalpot juga dapat mengepulkan asap ketika terjadi kebocoran di bagian ring piston. Akibatnya oli akan merembes ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar. Asap putih kebiruan akan muncul. Segera ganti ring piston tersebut bradsis, jika tidak langsung diganti, oli mesin akan cepat habis.

Tes kebocoran kompresi
Bradsis bisa melakukan tes kebocoran dengan alat pengukur kompresi tekanan ruang bakar. Sebelum mengukur kompresi ruang bakar, terlebih dulu pastikan piston berada di posisi Titik Mati Atas (TMA), sehingga kedua katup atau klep tertutup. Kemudian, pompa udara ke dalam silinder melalui lubang busi.

Kondisi normal tekanan kompresinya 7 – 9 kg/cm2,  bila kurang dari 6 – 7 kg / cm2, berarti terjadi kebocoran. Pada tekanan tersebut, motor akan mogok atau susah dihidupkan.

Suara mendesis
Pada saat yang bersamaan, coba bradsis cermati di bagian saluran pembuangan dan saluran udara (intake manifold). Jika terdengar suara mendesisi di bagian knalpot, berarti terjadi kebocoran di bagian katup buang. Sebaliknya jika suara mendesisi terdengar di bagian saluran masuk udara dan bahan bakar, mengindikasikan kebocoran terjadi di bagian katup intake. Selain itu, kebocoran pada ring seher akan mengeluarkan suara desis yang bisa didengarkan dari lubang pengisian oli mesin.

 

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  85 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !