Berikut 6 Langkah Manjur Antisipasi Aki Meledak
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ME-TIPS
26
Ags
2017

Berikut 6 Langkah Manjur Antisipasi Aki Meledak

  1820   0
aki
aki

JAKARTA, ME. Beberapa kejadian aki meledak, pastinya membuat khawatir kalau hal ini juga bisa menimpa bradsis. Tapi jangan bingung dan panik dulu, semua bisa diantisipasi kok.

Aki bisa meledak secara tiba-tiba tanpa ada peringatan sebelumnya. Pada aki kering, gas hidrogen dan oksigen tidak mudah keluar. Kedua gas itu akan terkumpul di dalam aki. Jika proses pengisian yang dilakukan melampaui batas normal (over charge), maka produksi oksigen dan hidrogen akan berlebihan. Ketika volume gas tersebut telah melebihi kekukatan wadah, maka aki kemudian akan meledak.

Lalu apakah ledakan tersebut hanya dipicu karena volume gas dalam jumlah berlebihan? Gas hidrogen adalah gas yang mudah terbakar, sementara itu, oksigen akan membantu proses pembakaran. Gas oksigen dan hidrogen yang terlalu banyak akan terbakar ketika terjadi percikan api atau bila kondisi suhu udara di sekitarnya terlalu panas. Jika hal ini terjadi, ledakan pun akhirnya tak terelakkan.

Nah, 6 langkah ini bisa antisipasi agar aki tidak mudah meledak:

Level air aki (aki basah)
Lakukan pemeriksaan awal sebelum menghidupkan kendaraan dengan mencermati level cairan aki. Bila sudah dibawah level low, sebaiknya ditambah air aki, karena cairan aki (acid) ini berkurang karena penguapan bradsis.

Kekencangan konektor
Selalu periksa kekencangan konektor terhadap kutub aki. Pasalanya kalau konektor kendur, akan memicu timbulnya percikan api dan panas. Enggak menutup kemungkinan bisa terjadi ledakan

Bentuk aki
Bila bentuk aki sudah enggak normal yakni mengembung, mendandakan over charge sehingga volume gas melebihi kekuatan wadah. Wadah aki mengembang menandakan terjadinya tekanan yang terlalu besar di dalam aki. Ganti segera jika aki sudah seperti itu.

Posisi
Sebaiknya aki diposisikan di tempat yang memiliki cukup sirkulasi udara. Sehingga gas hidrogen dan oksigen tidak terperangkap di sekitar aki.

Prosedur Melepas aki
Bila bradsis akan melepas aki, sebaiknya dimulai dengan membuka kutup negatif  terlebih dulu, untuk mencegah terjadinya percikan api. Langkah sebaliknya dilakukan saat bradsis melakukan proses pemasangan kabel aki. Yaitu memasang kabel positif terlebih dulu.

Hindari sumber api
Sebaiknya saat beraktifitas dengan aki, jangan menyalakan api atau merokok di dekat aki. Hal ini bisa memicu terjadinya ledakan dari gas hidrogen dan oksiken aki

 

 

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  30 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !