Strategi Baru Flag-to-flag di MotoGP, Belum Jadi Solusi?
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
MOTOGP
26
Ags
2017

Strategi Baru Flag-to-flag di MotoGP, Belum Jadi Solusi?

  1696   0
Strategi Baru Flag-to-flag di MotoGP, Belum Jadi Solusi?
Strategi Baru Flag-to-flag di MotoGP, Belum Jadi Solusi?

SILVERSTONE, ME. Para pembalap di kelas MotoGP mulai mencoba strategi baru mengganti motor untuk flag-to-flag saat sesi latihan di hari pertama seri keduabelas MotoGP 2017 di Silverstone, Inggris. Banyak pro dan kontra, dan hingga kini juga banyak yang beranggapan formasi tersebut belum jadi solusi sepenuhnya, bradsis..

Sudah cukup banyak insiden yang terjadi saat flag-to-flag di paddock MotoGP. Puncaknya adalah saat Aleix Espargaro dan Andrea Iannone yang hampir bertabrakan. Saat itu, Iannone terjatuh di paddock karena mengerem mendadak untuk menghindari tabrakan dengan Aleix.

Kali ini, posisi motor dibedakan, tidak lagi bersebelahan. Selain itu, ada satu kru yang disebut lollipop man yang bertugas untuk memberi sinyal di mana pembalap boleh belok ke pit dan kapan pembalap boleh meninggalkan pit.

Beberapa pembalap merasa nyaman dengan formasi baru ini. Namun, enggak sedikit juga yang bilang cara ini tidak jauh berbeda dibanding sebelumnya. Seperti Bradley Smith yang bilang bahwa formasi ini adalah yang teraman sejauh ini.

Berbeda lagi dengan Valentino Rossi yang masih ingin berdiskusi dengan para pembalap mengenai formasi baru ini. "Menurut saya, ini tidak mengubah apa-apa, kami juga tidak melihat motor lain," ujar Rossi yang tetap setuju.

Menurut Andrea Dovizioso, sulit untuk mencari solusi yang benar-benar sempurna untuk mengatasi masalah tersebut. "Sudah cukup baik, cara kita masuk, naik ke atas motor, dan keluar pit. Menurut saya, ini lebih aman. Tapi di satu sisi juga kurang aman, karena motor masuk mengarah ke dalam pit," terang Dovi.

"Saya setuju dengan lollipop man, karena mereka yang punya visibilitas lebih baik dibanding pembalap. Seperti pada balapan mobil, menurut saya ini lebih baik dan lebih aman," lanjutnya.

Menurut Scott Redding, saat latihan memang terlihat lancar dan baik-baik saja, bradsis. Tapi berbeda di saat balapan nanti, dimana para pembalap lebih punya tekanan dan konsentrasi bisa terpecah karena banyak hal yang harus diperhatikan saat akan mengganti motor.

Text: Donny (donny@motorexpertz.com),
Photo: motogp.com
  77 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !