Global Battery Suguhkan Teknologi Flame Arrestor, Berikut Keunggulannya
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
27
Ags
2017

Global Battery Suguhkan Teknologi Flame Arrestor, Berikut Keunggulannya

  1020   0
Global Battery
Global Battery

JAKARTA, ME. Pernah dengar atau bahkan mengalami sendiri kalo aki bisa meledak, bradsis? Bisa banget, sebab di dalam aki terjadi rekasi kimia yang menghasilkan panas dan gas hidrogen.

Ketika aki ditutup rapat, suhu rongga aki akan melonjak namun gas hidrogen di dalamnya tidak dapat dikeluarkan. Akibatnya aki menjadi sama seperti balon yang terus diisi udara dan pada akhirnya akan meledak pada suatu waktu.

Lantas bagaimana proses terjadinya ledakan aki? Pada aki kering, gas hidrogen dan oksigen tidak mudah keluar. Kedua gas itu akan terkumpul di dalam aki. Jika proses pengisian yang dilakukan melebihi batas normal (over charge), maka produksi oksigen dan hidrogen akan berlebihan. Ketika volume gas tersebut telah melebihi kekukatan wadah, maka aki kemudian akan meledak.

Lalu apakah ledakan tersebut hanya dipicu karena volume gas dalam jumlah berlebihan? Gas hidrogen adalah gas yang mudah terbakar, sementara itu, oksigen akan membantu proses pembakaran. Gas oksigen dan hidrogen yang terlalu banyak akan terbakar ketika terjadi percikan api atau bila kondisi suhu udara di sekitarnya terlalu panas. Jika hal ini terjadi, ledakan pun akhirnya tak terelakkan.

Terus, bagaimana cara mencegahnya? Untuk antisipasi hal tersebut, Global Battery menerapkan teknologi flame arrestors atau battery vent, yakni ventilasi untuk mencegah terjadinya baterai meledak. Teknologi ini memungkinkan panas dan gas di dalam aki bisa dikeluarkan.

Flame arrestors bersifat hidrofobik, sehingga air tidak menguap keluar. Hal ini mencegah terjadinya berkurangnya cairan aki.  Flame arrestor biasanya berada di bagain atas aki, berbentuk bulat atau oval.

 

 

 

Text: Teguh Choya,
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  30 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !